Kamis 03 Nov 2016 14:05 WIB

Presiden Obama: Nasib Dunia Dipertaruhkan di Pemilu AS

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Amerika, Barrack Obama
Foto: AP Photo
Presiden Amerika, Barrack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama meminta seluruh anggota dan pendukung Partai Demokrat agar memberikan dukungannya untuk Hillary Clinton. Hal itu mengingat nasib dunia yang dipertaruhkan dari hasil pemilihan umum pada 8 November mendatang di negara itu.

Menurut Obama, calon presiden AS dari Partai Demokrat itu adalah satu-satunya calon yang dapat menjamin masa depan negara lebih baik. Demikian juga pada dunia. Berbeda halnya dengan Donald Trump kandidat dari Partai Republik yang dapat menimbulkan ancaman besar dalam banyak hal, khsususnya hak-hak sipil.

"Nasib negara  dan duniaini bersandar di bahu Anda. Pastikan dukungan diberikan ke arah yang benar," ujar Obama dalam sebuah kampanye untuk Clinton di North Carolina seperti dilansir BBC, Kamis (3/11).

Ia juga menyampaikan, betapa penting mengingatkan keadilan, meski dirinya tidak berada sebagai salah satu calon dalam surat suara. Obama mengatakan, semua orang pasti mengetahui siapa pilihan yang paling baik untuk mempertahankan demokrasi di Negeri Paman Sam.

"Saya memberitahu Anda keadilan dalam surat suara, kesopanan ada dalam surat suara, keadilan dan demokrasi juga demikian jika Anda menentukan pilihan yang terbaik," jelas Obama.

Baca juga,  Trump Kewalahan Hadapi Hillary.

Sementara itu, Trump menyarankan agar Obama tidak perlu mengikuti kampanye Clinton. Miliarder itu menilai, seharusnya Presiden AS itu fokus menjalankan tugas negara di akhir masa jabatannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement