Sabtu 05 Nov 2016 11:31 WIB

Pemimpin Alqaidah Tewas dalam Serangan Drone di Afghanistan

Rep: Puti Almas/ Red: Agus Yulianto
Kelompok Alqaeda di Islam Maghribi.
Foto: AP
Kelompok Alqaeda di Islam Maghribi.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Amerika Serikat (AS) mengonfirmasi kematian seorang pemimpin Alqaidah dalam serangan pesawat tak berawak (drone) di wilayah timur Afghanistan. Ia adalah Farouq Al Qahtani yang selama ini menjadi salah satu anggota kelompok militan paliing dicari sejak Februari lalu.

Menurut AS, Farouq adalah salah satu pemimpin senior Alqaidah. Pria kelahiran Arab Saudi itu diduga terlibat dalam berbagai serangan teror, termasuk rencana yang menargetkan kawasan Eropa.

Ia selama ini diketahui memiliki kewarganegaraan Qatar. Kematiannya dikatakan terjadi dua pekan lalu dalam sebuah operasi khusus AS.

Sementara itu, juru bicara pemerintah Afghanistan Abdul Ghani Mosamem mengatakan, terdapat operasi yang menargetkan kelompok militan lainnya bersama dengan Farouq. Tepatnya, dilakukan di Provinsi Kunar dan sebanyak 15 anggota organisasi radikal dilaporkan tewas.

"Di antara para anggota kelompok militan tewas berasal dari Taliban Pakistan," ujar Abdul, dilansir BBC, Sabtu (5/11).

Ia juga mengatakan, dua orang warga Arab Saudi juga termasuk di antara yang tewas dalam operasi tersebut. Operasi disebut akan dilanjutkan kembali, tanpa keterangan perkiraan waktu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement