Sabtu 05 Nov 2016 19:14 WIB

Vatikan Kecam Siaran Radio Katakan Gempa Sebagai 'Hukuman Tuhan'

Gereja Vatikan
Foto: kenraggio.com
Gereja Vatikan

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA VATIKAN -- Vatikan pada Jumat (5/11), mengecam siaran radio sayap kanan Katolik yang mengatakan rangkaian gempa di Italia dalam tiga bulan terakhir adalah "hukuman Tuhan" karena pengakuan negara terhadap pernikahan sesama jenis.

"Ungkapan itu menyerang umat Kristiani dan non-Kristiani," kata Wakil Sekretaris Uskup Agung Negara, Angelo Becciu seperti dikutip media setempat.

Ia pun meminta maaf terhadap para korban gempa atas komentar yang disiarkan jaringan radio katolik, Radio Maria pekan ini.

Penyiar mengatakan, rangkaian bencana, termasuk satu gempa pada Agustus yang menewaskan 300 orang, menghancurkan bangunan dan gereja di kota Italia Tengah merupakan "hukuman Tuhan" terhadap dosa manusia. Dosa itu termasuk pengesahan pernikahan sesama jenis akhir Mei lalu, tambahnya.

Kawasan Italia Tengah kembali diguncang gempa akhir Oktober. Kekuatan gempa itu dianggap cukup besar dalam beberapa dasawarsa terakhir. Walaupun banyak bangunan rusak, bencana itu tak menyebabkan korban jiwa atau luka parah.

Becciu mengatakan Radio Maria sebelumnya telah menerima banyak kritik. Ia menyarankan agar media itu "memperhalus bahasanya" dan mengikuti anjuran Gereja untuk mengasihi sesama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement