Ahad 06 Nov 2016 16:39 WIB

15 Negara Bagian Ini Jadi Penentu Hasil Pilpres AS

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Calon presiden AS Hillary Clinton dan Donald Trump usai melakukan debat ketiga dan terakhir di Las Vegas, rabu, 19 Oktober 2016.
Foto: AP Photo/John Locher
Calon presiden AS Hillary Clinton dan Donald Trump usai melakukan debat ketiga dan terakhir di Las Vegas, rabu, 19 Oktober 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pemilihan presiden Amerika Serikat tinggal menghitung hari. Demokrat berusaha lebih keras memenangkan pilpres ketiga untuk partai mereka. Setelah dua periode dipimpin oleh Demokrat yang sama untuk pertama kalinya sejak abad 19.

Menurut peta wilayah, Demokrat sebenarnya hanya perlu menang di negara basis kuat mereka. Mereka kemudian akan dapat suara kemenangan di electoral college

Dilansir dari Washington Post, Ahad (6/11), ada 15 negara bagian yang akan menentukan hasil pemilu. Diantaranya, Arizona, Colorado, Florida, Georgia, Iowa, Michigan, Nevada, New Hampshire, New Mexico, North Carolina, Ohio, Pennsylvania, Utah, Virginia dan Wisconsin.

Menurut jajak pendapat terbaru pada Ahad (6/11), Clinton masih memimpin atas Trump.Hasil jajak pendapat yang dirilis Washington Post-ABC menyebutkan Clinton memimpin dengan 55 persen suara sementara Trump mendapat 43 persen. 

Meski demikian, peta politik mengindikasi Clinton bisa kehilangan sejumlah negara bagian kunci. Sementara Trump bisa optimistis karena sejumlah suara untuknya mulai terlihat di beberapa negara bagian.

Namun untuk menang, Trump perlu memastikan kemenangan di semua wilayah tak pasti. Sementara Clinton diperkirakan tetap bisa mengamankan 270 suara electoral yang diperlukan.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement