Kamis 10 Nov 2016 05:19 WIB

15 Tanggapan Pemimpin Dunia Atas Kemenangan Donald Trump (2)

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih
Presiden terpilih Donald Trump tersenyum saat ia tiba untuk berbicara pada malam kampanye pemilu, Rabu, 9 November, 2016, di New York.
Foto: AP / Evan Vucci
Presiden terpilih Donald Trump tersenyum saat ia tiba untuk berbicara pada malam kampanye pemilu, Rabu, 9 November, 2016, di New York.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pemimpin dunia bereaksi terhadap kemenangan kandidat calon Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump atas Hillary Clinton dalam pemilihan orang nomor satu di Negeri Paman Sam.

Dilansir dari BBC pada Rabu (9/11), berikut sejumlah ucapan yang dialamatkan pada Trump.

Ini Tanggapan Pemimpin Dunia atas Kemenangan Donald Trump

Turki

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengharap, kemenangan Trump berdampak positif untuk Timur Tengah.

"Saya berharap pilihan rakyat Amerika akan menyebabkan langkah-langkah yang bermanfaat yang diambil untuk dunia tentang hak-hak dasar dan kebebasan, demokrasi dan perkembangan di wilayah kami," katanya.

Wilayah Palestina

Presiden Mahmoud Abbas mengucapkan selamat atas kemenangan Donald Trump. Ia berharap perdamaian akan selalu ada selama masa jabatannya.

United Kingdom

Perdana Menteri Theresa Mei mengucapkan selamat pada Donald Trump atas kemenangannya. Ia juga menekankan pada 'hubungan khusus' antara kedua negara.

Mei mengatakan harapannya atas kemenangan Trump ihwal keberlanjutan nilai-nilai kerja sama, termasuk 'kebebasan, demokrasi dan perusahaan'. "Kami, akan tetap, mitra yang kuat dan dekat pada perdagangan, keamanan dan pertahanan," ujar dia.

Mei juga berharap, kerja sama dengan presiden baru AS dapat memastikan adanya keamanan dan kemakmuran bangsa di tahun-tahun mendatang.

Prancis

Presiden Francois Hollande menilai, kemenangan Donald Trump membuka 'masa ketidakpastian'. Ia mengatakan, saat ini ada kebutuhan yang lebih besar untuk Eropa bersatu. Agar dapat menggunakan pengaruhnya di panggung internasional. Serta, mempromosikan nilai-nilai dan kepentingan setiap kali 'ditantang'.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement