Kamis 10 Nov 2016 12:41 WIB

Donald Trump Berjanji Lindungi Korea Selatan

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
Kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump bersama manajer kampanyenya Kellyanne Conway di Manhattan, New York, Rabu (9/11).
Foto: REUTERS/Mike Segar
Kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump bersama manajer kampanyenya Kellyanne Conway di Manhattan, New York, Rabu (9/11).

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Donald Trump, berjanji untuk menepati komitmennya melindungi Korea Selatan di bawah aliansi keamanan AS. Hal itu diucapkan Trump dalam sebuah percakapan telepon dengan Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye, Kamis (10/11).

Seperti dilansir Kantor Berita Yonhap, Pemerintah Korea Selatan mengatakan, Presiden Park menelepon Trump sekitar pukul 01.00 dini hari, waktu setempat. Namun, belum dikonfirmasi masalah apa lagi yang dibahas oleh keduanya.

Dalam percakapan telepon yang berlangsung selama 10 menit, Trump mengatakan Amerika Serikat akan mempertahankan hubungan pertahanan yang kuat untuk melindungi Korea Selatan. Kantor Berita Yonhap mengutip sumber-sumber diplomatik yang tidak disebutkan namanya.

Baca juga, Hillary Clinton Ucapkan Selamat ke Donald Trump.

 

Presiden Park juga mengucapkan selamat kepada Trump karena telah terpilih dalam pemilu. Aliansi keduanya semakin diperdalam karena AS dan Korea Selatan menghadapi beragam tantangan bersama selama enam dekade terakhir.

Saat kampanye, Trump pernah mengatakan ia akan menarik tentara AS di Korea Selatan, kecuali Seoul bersedia membayar biaya penugasan. Ada sekitar 28 ribu tentara AS yang ditempatkan di Korea Selatan, dalam misi pertahanan melawan Korea Utara.

sumber : Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement