Jumat 11 Nov 2016 07:38 WIB

Kremlin: Kebijakan Luar Negeri Trump dan Putin Hampir Sama

Rep: Lida Puspanigtyas/ Red: Winda Destiana Putri
Presiden terpilih Donald Trump tersenyum saat ia tiba untuk berbicara pada malam kampanye pemilu, Rabu, 9 November, 2016, di New York.
Foto: AP / Evan Vucci
Presiden terpilih Donald Trump tersenyum saat ia tiba untuk berbicara pada malam kampanye pemilu, Rabu, 9 November, 2016, di New York.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Gelombang optimis perbaikan hubungan datang dari Moskow. Pada Kamis (10/11), Kremlin mengatan kebijakan luar negeri presiden AS terpilih, Donald Trump secara fenomenal mirip dengan kebijakan presiden Rusia, Vladimir Putin.

Ini memberi harapan perbaikan hubungan kedua negara. Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskow melihat kesamaan yang sangat luar biasa antara ide-ide kebijakan kedua pemimpin tersebut.

Menurutnya, ini akan jadi awal dialog berharga antara Moskow dan Washington. "Mereka memiliki prinsip kebijakan luar negari yang sama dan itu luar biasa," kata Peskov di New York pada Channel One Rusia.

Peskov sedang berada di New York, AS untuk turnamen catur. Ia melanjutkan, kesamaan keduanya bisa dilihat dari pidato kemenangan Trump dan pidato Putin bulan lalu.

Meski demikian, tetap butuh waktu lama untuk mengubah atmosfir kepercayaan kedua negara. "Tidak mungkin langsung mendeklarasikan atmosfir saling percaya, apalagi setelah kerusakan serius hubungan dalam beberapa tahun lalu," kata Peskov.

Dalam kesempatan terpisah, TASS mengutipnya mengatakan Putin siap bersikap feksibel jika untuk kepentingan hubungan. Menurunya, Putin ingin peningkatan. Meski Moskow tetap punya batas sehingga AS juga harus menunjukkan kesediaannya, dilansir laman Reuters.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement