Ahad 13 Nov 2016 03:35 WIB

Rusia Larang Masuk Mantan Duta Besar Amerika

Rep: Lintar Satria/ Red: Ilham
Bendera Rusia
Foto: forbes.com
Bendera Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, KREMILIN -- Kementerian Luar Negeri Rusia melarang mantan Duta Besar Amerika, Michael McFaul di Rusia masuk kembali. Sebelum McFaul ada beberapa pejabat Amerika Serikat yang juga dilarang masuk Rusia.

"Saya memiliki ratusan teman di Rusia. Saya sangat minta maaf sanksi ini membuat komunikasi menjadi lebih sulit," kata McFaul dalam media sosialnya, Sabtu (12/11).

McFaul adalah duta besar Amerika Serikat untuk Rusia dari tahun 2012 hingga 2014. McFaul mengatakan, ia dilarang masuk setelah mengajukan visa ke Rusia untuk menolong kandidat Presiden Hillary Clinton.

"(Saya) sudah diberitahu saya diberi sanksi oleh pemerintah Rusia karena saya memiliki kedekatan dengan Obama. Saya anggap itu sebagai pujian. Amerika akan mengsaksi Rusia karena kedekatannya dengan (Presiden Vladimir) Putin," katanya.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan kepada kantor berita RIA News, McFaul sudah disanksi sejak tahun 2014. Ia tidak disanksi karena mendukung Obama.

"Tapi karena aktif berpartisipasi dalam merusak hubungan bilateral dan tanpa belas kasihan melakukan lobi untuk menekan Rusia," kata salah satu sumber yang dikutip RIA News.

Setelah tidak menjabat sebagai duta besar, McFaul aktif mengajar dan menjadi professor di ilmu politik Universitas Stanford.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement