Rabu 16 Nov 2016 04:03 WIB

Kaum Muslim di AS Giatkan Dialog Antarumat Beragama

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Esthi Maharani
Muslim AS
Foto: VOA
Muslim AS

REPUBLIKA.CO.ID, ILLINOIS – Umat Islam di Schaumburg, Illinois, Amerika Serikat (AS), mengintensifkan dialog Muslim dengan non-Muslim. Acara ini digelar rutin tiap Sabtu dan bertujuan mengembangkan rasa saling empati, khususnya dalam situasi AS terkini setelah pilpres.

Acara bertempat di The Midwest Islamic Center, Irving Park Road. Panitia mengambil tema “Hari Masjid Terbuka untuk Umum – Kenali Tetangga Muslim Kalian.”

Salman Faiz, salah seorang penyelenggara, menjelaskan, inilah upaya The Midwest Islamic Center mewadahi kepentingan lintas agama. Dia berharap, kesempatan ini mampu membuka jalinan persahabatan di tengah masyarakat plural Amerika.

“Kita kini dalam masa yang tak pernah terjadi sebelumnya: ketika iman kaum Muslim distigma media arus besar dan orang-orang yang tak berpengetahuan,” kata Salman Faiz kepada Daily Herald, Selasa (15/11).

“Situasi inilah yang mengecewakan sebagian besar umat Islam,” lanjutnya.

Dia berharap, presiden-terpilih Donald Trump tidak akan melaksanakan janji-janji kampanye yang bernada rasial. Misalnya, melarang orang Islam untuk datang ke AS.

Bagaimanapun, Salman optimistis dengan acara dialog ini. Dia menjelaskan, setelah pemilihan presiden (pilpres) 2016 usai, hampir seluruh warga sekitar The Midwest Islamic Center mengonfirmasi kehadiran dalam dialog Sabtu. Termasuk di antaranya pejabat lokal dan guru-guru.

“Hal itu sungguh menggembirakan. Dukungan-dukungan kepada kami benar-benar tak disangka,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement