Kamis 17 Nov 2016 13:46 WIB

Cina dan Amerika Perlu Saling Memahami

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Bendera Cina-Amerika
Foto: washingtonote
Bendera Cina-Amerika

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Duta Besar Cina untuk Amerika Cui Tinkai mengatakan, Cina dan Amerika harus menghindari kecurigaan satu sama lain. Hal itu penting untuk membangun konsensus bagi kedua belah pihak.

"Baik Cina dan Amerika telah bekerja sama dalam banyak isu. Namun kami harus bekerja lebih keras untuk mempromosikan saling memahami antara Cina dan Amerika lebih jauh, selain itu juga harus menghidari kecurigaan terhadap maksud strategi satu sama lain," kata Cui, Rabu, (16/11).

Menurutnya, ada orang-orang yang yakin kalau Cina bermaksud menantang Amerika dalam dominasi global. Selain itu juga ada sejumlah orang yang yakin Amerika bermaksud menarget Cina. Kedua pandangan tersebut benar-benar salah.

Memang, jelas Cui, dalam empat tahun mendapat akan ada berbagai masalah dan tantangan. "Namun saya yakin kalau hubungan antara Cina dan Amerika akan membaik dan akan semakin maju di jalur yang benar."

Baik Cina dan Amerika telah berbagi tanggung jawab untuk bekerja sama melawan terorisme dan membahas persaingan pengembangan senjata di negara-negara. "Kami ingin stabilitas di dunia.  Kami ingin ekonomi global yang makin kuat dan lingkungan alam yang lebih baik," kata Cui.

Untuk mencapai ini semua, lanjutnya, perlu kerja sama global yang baik antara Amerika dan Cina. Oleh karena itu perlu dikurangi kecurigaan antar dua negara.

Baca juga,  Militer Cina Berada di LCS Sebagai Reaksi Terhadap AS.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement