Kamis 17 Nov 2016 14:37 WIB

Sanders Desak Trump Pecat Bannon karena Dianggap Rasial

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Donald Trump
Foto: AP
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Senator Vermont, Bernie Sanders mendesak Presiden AS terpilih Donald Trump segera mencabut jabatan Stephen Bannon di Gedung Putih. Politikus Partai Demokrat itu menganggap Bannon adalah sosok yang rasial.

"Selama bertahun-tahun, kami membuat kemajuan dalam meminimalisir diskriminasi dan lebih toleran, kami tidak akan mengalami kemunduran," ujar Sanders, di George Washington University, Rabu (16/11) malam, dikutip dari The Independent.

Menurutnya, diangkatnya Bannon sebagai kepala strategi Trump di Gedung Putih tidak dapat diterima. Ia mengatakan, Gedung Putih harus bebas dari kebencian dan kefanatikan.

"Penunjukan individu rasial seperti Bannon ke posisi otoritas AS benar-benar tidak dapat diterima, Dalam masyarakat demokratis, rasisme dan fanatisme tidak bisa menjadi bagian dari kebijakan publik," ujarnya.

Sanders adalah salah satu dari banyak politikus Partai Demokrat yang mengutuk pemilihan Bannon di Gedung Putih. Trump mengumumkan pengangkatan Bannon sebagai salah satu pejabat Gedung Putih pada Senin (14/11).

"Presiden Amerika Serikat seharusnya tidak didampingi rasialisme di sisinya. Saya menelepon Trump untuk segera membatalkan pengangkatan Bannon," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement