Jumat 18 Nov 2016 13:10 WIB

AS dan Rusia Kembali Bicarakan Nasib Suriah

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Kota Aleppo, Suriah
Foto: VOA
Kota Aleppo, Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, LIMA -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di sela-sela acara KTT Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik di Peru, Kamis (17/11).  Keduanya melakukan pembahasan mengenai sejumlah isu, di antaramya mengenai pengeboman terbaru di Aleppo, Suriah hingga masalah Ukraina. 

Pengemboman yang dilakukan di Aleppo disebut dilakukan oleh Rusia di wilayah oposisi Suriah dan banyak menyasar warga sipil. Namun, Lavrov membantah hal itu dan mengatakan serangan udara dijatuhkan dengan menargetkan kelompok teroris seperti Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). 

"Angkatan udara kami dan Angkatan Udara Pemerintah Suriah hanya meluncurkan serangan terbaru di Provinsi Idlib dan Homs untuk mencegah ISIS yang mungkin melarikan dari Mosul, Irak," ujar Lavrov. 

Serangan udara dan pemboman lainnya di wilayah timur Aleppo pada pekan ini menewaskan puluhan orang. Setelah jeda empat minggu terjadi gencatan senjata, kali ini terdapat peningkatan serangan yang dilakukan oleh pemerintah Suriah dan sekutu Rusia untuk menggempur oposisi.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement