Ahad 20 Nov 2016 22:58 WIB

Flu Burung, Hungaria Perintahkan Warga Musnahkan Unggas

Ilustrasi flu burung.
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi flu burung.

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- Biro Keselamatan Rantai Pangan Nasional Hungaria telah memerintahkan pemusnahan semua unggas, baik yang terinfeksi maupun tidak, dalam radius satu kilometer dari lokasi wabah flu unggas, demikian laporan media setempat MTI pada Sabtu (19/11).

Tindakan tersebut ditujukan pada lokasi di dekat Kota Kecil Bugac dan Kiskunmajsa di Kabupaten Bacs-Kiskun dan melibatkan puluhan ribu hewan. Petani akan diberi ganti rugi atas kerugian mereka.

Kepala Dokter Hewan Nasional pada Selasa (15/11) memerintahkan agar semua unggas di Kabupaten Bekes, Bacs-Kiskun dan Csongrad di bagian tenggara harus dijaga di dalam ruangan guna mencegah terjadinya kontak dengan burung liar yang berimigrasi yang telah menyebarkan virus H5N8.

Tindakan serupa untuk melindungi unggas telah dilakukan oleh Jerman, Austria, Belanda, Prancis, Polandia, Denmark, Kroasia dan Swiss --yang semuanya terancam, sebab semua negara itu berada di sepanjang jalur migrasi burung liar. Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO), wabah flu unggas mulai muncul dua bulan lalu dan akan terus mengancam Uni Eropa sampai musim semi 2017.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement