Senin 21 Nov 2016 08:57 WIB

Pertemuan Empat Menit Obama-Putin untuk Suriah dan Ukraina

Obama bertemu Putin di KTT APEC
Foto: Reuters
Obama bertemu Putin di KTT APEC

REPUBLIKA.CO.ID, LIMA – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam sebuah sesi KTT Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC), yang dihelat di Lima, Peru. Reuters melaporkan, dua pemimpin negara tersebut bertemu selama kira-kira empat menit untuk membahas situasi terkini di Suriah dan Ukraina.

“Presiden (Obama) mendesak Presiden Putin untuk komitmen Rusia sesuai Perjanjian Minsk. Menggarisbawahi pula komitmen AS dan sekutu terhadap kedaulatan bangsa Ukraina,” demikian keterangan sumber Gedung Putih

kepada Reuters, Ahad (20/11).

Selanjutnya, Obama menegaskan perlunya AS dan Rusia melalui masing-masing menteri luar negeri untuk menyamakan persepsi.  Di antaranya, melanjutkan prakarsa bersama-sama dengan komunitas internasional lainnya untuk mengurangi tensi kekerasan dan penderitaan rakyat Suriah.

Sebagai informasi, AS dan Rusia berada dalam posisi yang berseberangan dalam mencampuri soal perang saudara di Suriah. Pertempuran bersenjata telah berlangsung sejak 2011 silam hingga saat ini.

Dalam soal Ukraina, Rusia telah menganeksasi sebagian wilayah negara tersebut, khususnya Crimea, pada 2014. Tindakan ini mendapatkan pertentangan keras dari Uni Eropa, AS, dan sekutu sehingga meningkatkan ketegangan di wilayah Eropa Timur hingga saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement