Senin 21 Nov 2016 09:35 WIB

Rusia Siap Perbaiki Hubungan dengan AS

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Amerika Serikat dan Rusia
Foto: IST
Amerika Serikat dan Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, LIMA -- Presiden Rusia Vladimir Putin bersedia memperbaiki hubungan dengan Amerika Serikat (AS). Ia menjelaskan, hal itu menyusul dengan pernyataan dari presiden terpilih AS, Donald Trump yang terlebih dahulu menginginkan normalisasi hubungan kedua negara.

"Presiden terpilih AS menegaskan dirinya bersedia untuk menormalkan hubungan Rusia-Amerika dan saya setuju dengan hal itu," ujar Putin saat ditemui di KTT APEC di Peru, Ahad (20/11).

Meski demikian, ia tidak memberitahukan kapan secara resmi akan mengadakan pertemuan dengan Trump. Selain itu, Putin juga mengatakan dirinya tetap akan menyambut baik Presiden AS Barack Obama.

Putin juga mengucapkan terima kasih kepada Obama atas kerja sama yang dilakukan Rusia dan AS selama lima tahun terakhir. Hal itu meskipun selama ini hubungan dua negara tidak berjalan baik dan kerap bersebrangan dalam berbagai kepentingan.

"Saya mengatakan pada Obama bahwa sangat senang dapat melihatnya jika ia berkeinginan mengunjungi Rusia. Negara ini akan terbuka padanya, kapanpun ia ingin datang," jelas Putin.

Baca juga,  Saat Trump dan Putin Bercakap Lewat Telepon, Ini yang Dibahas.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement