Rabu 23 Nov 2016 13:37 WIB

Surat Berlogo Trump Dinilai Ancam Muslim di Amerika

Rep: Lida Puspanigtyas/ Red: Winda Destiana Putri
Surat bernada ancaman yang ditujukan bagi warga Muslim di Amerika Serikat
Foto: istimewa
Surat bernada ancaman yang ditujukan bagi warga Muslim di Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Beredar foto surat dari Neighborhood Town Watch yang isinya mengancam umat Muslim. Foto surat tersebut diduga muncul sekitar dua hari lalu. Surat itu memiliki kop surat lambang kampanye Donald Trump.

Kabarnya, surat itu beredar di kalangan Muslim. Namun hingga saat ini, hanya ada satu orang yang kabarnya mengaku menerimanya. Ia pun menolak mempublikasikan diri. Hanya saudaranya yang bicara dalam kondisi anonim.

Surat itu berisi ancaman. Di awal surat, muncul sebutan 'hai teroris'. Isi surat menyampaikan bahwa Neighborhood Town Watch baru saja dibentuk dan bertugas memantau Muslim.

Mereka memaksa perempuan penerima surat yang sepertinya berkerudung untuk melepasnya jika ingin tetap berada di AS. Jika tidak, mereka akan memulangkan ke tempat asal.

Surat itu tertanda dari Neighborhood Town Watch namun tidak ada alamat atau nama yang bertanggung jawab. Foto tersebut banyak diklaim berbeda. Dalam sebuah unggahan di Reddit pada 20 November, surat itu kabarnya menyebar di Massachusetts.

Sementara seorang pengguna Facebook bernama Saliq Khan mengatakan surat itu diperoleh seorang perempuan asal Harrisburg, PA. Ia mengatakan perempuan itu menemukannya di kotak surat dan kemudian dibawa ke masjid.

"Saya baru mengonfirmasi orang-orang terpercaya yang kenal perempuan itu dan Masjidnya, ini 100 persen nyata dan dari Harrisburg," kata dia pada 21 November. Foto lain mengklaim surat itu diambil di Michigan dan sudah muncul sejak 11 November di Delaware.

"Seorang pekerja mendapat foto ini dari sepupunya, surat itu dipegang sepupunya itu, katanya ia mendapat surat itu di mobilnya," kata laporan anonim dikutip Snopes. Tidak jelas dari mana asal surat tersebut dan tidak ada bukti surat itu beredar.

Situs Arab America pun melaporkan isu ini karena dinilai meresahkan. Surat ini diduga datang dari pendukung Islamofobia yang menggunakan Trump sebagai tameng. Arab America meminta siapa pun yang pernah menerima surat itu untuk segera melaporkannya pada polisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement