Rabu 23 Nov 2016 22:40 WIB

Penembakan Bus di Kashmir, 9 Orang Tewas

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Police Line (ilustrasi)
Foto: www.nbcmiami.com
Police Line (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Otoritas berwenang Pakistan melaporkan insiden penembakan di area perbatasan wilayah negara itu dengan India, Kashmir dan mengenai sebuah bus penumpang. Sembilan orang dilaporkan tewas dalam kejadian ini.

Sebanyak 11 orang lainnya juga dilaporkan terluka. Bus penumpang  mendapat serangan saat melakukan perjalanan ke Muzaffarabad. Peluru datang dari arah perbatasan India.

Sebelumnya, otoritas Pakistan mengatakan penembakan serupa juga telah terjadi di Kashmir dan dilakukan oleh pasukan keamanan India.

Konflik di Kashmir telah terjadi berpuluh tahun lamanya antara India dan Pakistan. Masing-masing negara mengklaim hak penuh atas wilayah itu.

Situasi kemudian diperburuk setelah India mengerahkan pasukan bersenjata di Kashmir. Penduduk setempat yang mayoritas adalah Muslim melakukan aksi protes dan Pakistan menuding bahwa India telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia atas tindakannya terhadap demonstran.

Kejadian ini juga disebut oleh Pakistan sebagai bukti bahwa India sengaja menargetkan warga sipil. Pertempuran di Kashmir semakin meningkat sejak September lalu. Kedua negara juga saling menuding masing-masing pihak melanggar kesepakatan gencatan senjata yang dibuat pada 2003.

Baca juga,  India Sebut Pakistan Negara Teroris.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement