Jumat 25 Nov 2016 07:20 WIB

Sejarah Hari Ini: Badai Terkuat Sapu AS Timur pada 1950

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Badai salju kali ini merupakan yang terburuk dalam 45 tahun terakhir.
Foto: EPA
Badai salju kali ini merupakan yang terburuk dalam 45 tahun terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, Fenomena alam yang disebut badai abad ini menerjang AS bagian timur pada hari ini tahun 1950. Badai menyebabkan ratusan orang tewas dan kerusakan dengan kerugian milyaran dolar AS. Badai itu disebut Badai Appalachian yang membuat gunung Appalachian bersalju.

Badai mulai terbentuk sebelum perayaan Thanksgiving dan dengan cepat bergerak ke utara. Pennsylvania menjadi pemberhentian pertama. Kemudian Ohio dan West Virginia. Ada sejumlah area yang diselimuti salju hingga beberapa hari.

Perjalanan jadi tidak memungkinkan karena saljut mencapai beberapa kaki. Kecepatan angin pun tercatat jadi 94 mil per jam. Di Bear Mountain kecepakatannya bahkan mencapai 140 mil per jam. Suhu udara pun jadi sangat dingin. Di North Carolina, suhunya mencapai minus 26 derajat celcius.

Badai ini termasuk unik karena tak hanya membawa angin kencang dan salju lebat, tapi juga suhu. Ini terjadi di daerah yang berbeda-beda. Di Pittsburg, salju turun hingga 30 inci sementara di bagian utaranya, Buffalo sama sekali tidak ada salju, malah angin kencang dan suhu panas hingga 50 derajat celcius.

Pakar cuaca saat itu menilai badai ini membawa elemen cuaca terkontras dari yang pernah ada. Cuaca ekstrem ini membuat sekitar 160 orang kehilangan nyawa dalam beberapa hari.

Selanjutnya: Hari Lawan Kekerasan terhadap Perempuan

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement