Ahad 27 Nov 2016 10:10 WIB

Suriah Rebut Kembali Distrik Timur Aleppo

Rep: Puti Almas/ Red: Bilal Ramadhan
Kehancuran di Aleppo, Suriah.
Foto: AP Photo/Aleppo Media Center AMC
Kehancuran di Aleppo, Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, ALEPPO -- Pasukan Pemerintah Suriah dilaporkan telah merebut kembali salah satu distrik terbesar yang dikuasai oleh oposisi di wilayah timur Aleppo. Distrik itu adalah Masaken Hanano, yang sekaligus menjadi daerah kunci oleh kelompok-kelompok oposisi di negara itu.

Dengan diambilnya kembali distrik tersebut, pasukan pemerintah dapat memiliki garis kontrol kuat untuk merebut hampir seluruh wilayah yang dikuasai oposisi. Masaken Hanano juga menjadi daerah pertama yang direbut pada 2012 lalu oleh oposisi dalam konflik di Suriah.

Sejak 15 November lalu, tentara Suriah mengintensifkan serangan di timur Aleppo dengan bantuan dari Rusia. Serangan udara diluncurkan di banyak titik dan dilaporkan membuat jalan-jalan di sepanjang salah satu kota terbesar negara itu kosong.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan sebanyak 275 ribu warga sipil masih berada di wilayah timur Aleppo. Serangan ofensif Pemerintah Suriah dikhawatirkan dapat menjadi bencana kemanusiaan besar.

Serangan sejak 15 November lalu juga dilaporkan telah membuat 212 warga sipil tewas. Di antara para korban adalah 27 anak-anak. Selain itu, banyak warga yang masih kekurangan pasokan makanan dan obat-obatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement