Selasa 06 Dec 2016 16:34 WIB

Satu Orang Tewas Disambar Petir Saat Berkemah di NSW

Mt Warning adalah gunung tertinggi di kawasan utara New South Wales.
Foto: ABC
Mt Warning adalah gunung tertinggi di kawasan utara New South Wales.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW SOUTH WALES -- Seorang pria tewas dan seorang wanita mengalami luka-luka setelah mereka disambar petir ketika berkemah di Mt Warning, di kawasan Pantai Utara New South Wales (NSW), Selasa (6/12).

Petugas penolong mendapat panggilan untuk mendatangi lokasi sekitar pukul 04.50 pagi. Wanita yang menderita cedera sedang ditangani karena cedera di bagian kepala dan leher.

Rhett Murray dari Dinas Pertolongan Darurat Murwillumbah mengatakan operasi penyelamatan sedang berlangsung.

"Ada sekitar 10 orang anggota kami yang berada di sana saat ini sedang menju ke puncak, dan kami juga sudah memberitahu pihak lain untuk membantu membawa mereka turun ke bawah. Diperlukan perjalanan jalan kaki sekitar dua setengah jam, dan kemudian harus menggunakan tali guna naik ke puncak, ada jalurnya vertikal, untuk menurunkan para korban, dan sebelum kemudian berjalan kaki lagi ke bawah," katanya.

Polisi mengatakan karena buruknya jarak pandang sehingga usaha penyelamatan menggunakan helikopter tidak bisa dilakukan.

Populer dikunjungi turis

Kawasan Mt Warning yang memerlukan waktu perjalanan pulang pergi selama lima jam biasanya ramai dikunjungi turis yang ingin menyaksikan matahari terbit dari puncak. Kawasan ini terletak di dekat perbatasan antara New South Wales dan Queensland, sekitar 827 km dari Sydney.

Pada Senin malam di kawasan ini memang banyak sambaran petir dan badai. Biro Meteorologi (BOM) mengatakan badai masih akan terus berlanjut di kawasan tersebut pada Selasa.

Rhett Murray menggambarkan Mt Warning sebagai daerah yang memang dikenal memiliki cuaca yang 'ganas'. "Gunung itu memang sering dilanda cuaca buruk, sehingga sekarang kaadaaanya memang tidak bagus. Tampaknya adalah badai lebih besar dari yang diperkirakan mereka yang sedang berkemah di sana, dan mereka mungkin berada di titik tertinggi di daerah tersebut,"

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/satu-orang-tewas-disambar-petir/8095914
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement