Rabu 07 Dec 2016 23:22 WIB

Tentara Irak Masuk ke Pusat Kota Mosul

Pasukan elit kontraterorisme memasuki posisi ISIS di Desa Tob Zawa, sekitar sembilan kilometer dari Mosul, Irak, 25 Oktober 2016.
Foto: AP Photo/Khalid Mohammed
Pasukan elit kontraterorisme memasuki posisi ISIS di Desa Tob Zawa, sekitar sembilan kilometer dari Mosul, Irak, 25 Oktober 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSUL -- Komandan Tentara Irak, Letnan Jendral Abdul Abdul Ameer Rasheed Yarallaj mengatakan, tentara Irak telah masuk ke pusat Kota Mosul. Tentara Irak masuk ke Rumah Sakit Salam di pusat kota.

Ini merupakan kemajuan yang signifikan dalam bertempur melawan ISIS di kota kedua terbesar di Irak itu. Pertempuran antara tentara Irak dan ISIS untuk memperebutkan Mosul sudah berjalan satu bulan.

Seorang penduduk Mosul mengatakan, tentara Irak sudah merangsek masuk ke dalam Mosul. Mereka sudah berada di dekat Sungai Tigris.

"Saat ini pertempuran antara tentara Irak dan ISIS semakin keras dan semakin sengit. Tentara Irak telah melewati daerah sekitar kami," ujarnya, Selasa, (6/12).

Saat ini, kata dia, area tempat tinggalnya telah dikelilingi tentara Irak dan sungai.  Seorang tentara Irak Abu Ahmed mengatakan, tentara Irak membuat perkembangan bagus hari ini. "Kami membuat perkembangan dan kemajuan yang bagus," katanya.

Sebanyak 100 ribu tentara Irak, pasukan keamanan, pejuang Kurdi, dan pasukan militer Syiah, serta tentara koalisi dipimpin Amerika Serikat berjuang bersama mengusir ISIS dari Mosul sejak 17 Oktober lalu.

Seorang kolonel mengatakan, saat ini tentara Irak menggunakan taktik baru untuk melawan ISIS. "Kami meningkatkan serangan dari depan dan mencegah ISIS  untuk mengumpulkan kekuatan dan melakukan serangan balik."

Baca juga,  ISIS Culik 300 Pekerja Pabrik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement