Selasa 13 Dec 2016 00:42 WIB

Presiden Bahas Islam Damai dengan Wapres India

Presiden Joko Widodo (kiri)  dan Wapres India Mohammad Hamin Ansari
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Wapres India Mohammad Hamin Ansari

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Presiden Joko Widodo membahas penyebaran Islam yang damai dan "rahmatan lil 'alamin" atau rahmat bagi lingkungan dengan Wakil Presiden India Mohammad Hamin Ansari. Pembicaraan keduanya dilakukan saat Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Wakil Presiden India Mohammad Hamin Ansari di Kamar Kepresidenan, The Leela Palace Hotel, Senin petang (12/12).

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi yang mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan itu mengatakan, kedua tokoh membahas mengenai masalah kerja sama untuk menyebarkan Islam yang damai dan "rahmatan lil 'alamin". "Kebetulan Wakil Presiden India juga beragama Islam dan kalau kita lihat Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar, maka India adalah nomor dua karena 170 juta penduduk India adalah beragama Islam," kata Menlu Retno.

Pertemuan itu dilakukan setelah Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan PM India Narendra Modi di Hyderabad House dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke India. Menurut Retno, beberapa isu-isu strategis yang dibahas dalam pertemuan dengan India yakni terkait peningkatan kerja sama di bidang ekonomi khususnya diversifikasi perdagangan dan menghilangkan hambatan-hambatan kerja sama perdagangan kedua negara.

"Yang kedua adalah keinginan Indonesia untuk memperkuat kerja sama di bidang investasi terutama di bidang industri bahan baku obat," katanya. Hal lain yang juga dibahas yakni kerja sama di bidang sosial budaya yakni di bidang pendidikan dengan membentuk Indonesian Chair di universitas di India dan Indian Chair di universitas di Indonesia.

Dalam pertemuan itu, Presiden selain didampingi oleh Menlu Retno Marsudi juga didampingi Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Duta Besar Indonesia untuk India Rizal Wilmar Indrakesuma.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement