Kamis 15 Dec 2016 06:19 WIB

Trump Jadi Tokoh Paling Berpengaruh Setelah Putin Versi Forbes

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden AS terpilih, Donald Trump
Foto: AP
Presiden AS terpilih, Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Presiden Rusia, Vladimir Putin, dinobatkan sebagai tokoh paling berpengaruh di dunia selama empat tahun berturut-turut versi Majalah Forbes. Pria berusia 64 tahun itu dinilai memiliki jangkauan yang luas dan tidak terkekang oleh norma-norma global yang konvensional.

"Presiden Rusia itu telah memberikan pengaruh negaranya di hampir setiap sudut dunia. Dari Belanda ke Suriah, hingga ke pemilihan Presiden AS, Putin terus mendapatkan apa yang dia inginkan," tulis Forbes, dikutip The Guardian.

Menariknya, tahun ini Forbes menempatkan Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Donald Trump, di urutan kedua setelah Putin. Hal tersebut cukup mengejutkan, mengingat tahun lalu Trump hanya berada di urutan ke-72 sebagai tokoh paling berpengaruh.

"Trump memiliki kekebalan atas skandal yang menjeratnya, di depan Kongres dan di depan bisnis pribadinya yang bernilai miliaran dolar AS," tulis Forbes.

Di urutan ketiga terdapat Kanselir Jerman, Angela Merkel, yang telah menjadi motor ekonomi Eropa selama 11 tahun. Merkel berencana untuk kembali mencalonkan diri dalam pemilihan tahun depan. Urutan keempat dinobatkan kepada Presiden Cina Xi Jinping dan Paus Francis ada di urutan kelima.

Sementara Presiden AS Barack Obama yang pada 2015 ada di urutan kedua, kini meluncur ke urutan ke-48. Obama sedang menjalani masa-masa terakhir kepresidenannya dengan kejutan kekalahan Partai Demokrat di Gedung Putih setelah kemenangan Trump.

Forbes mengatakan, mereka memberikan penilaian terhadap ratusan kandidat dari berbagai lapisan masyarakat. Tahun ini, Forbes memiliki 74 tokoh paling berpengaruh di dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement