Kamis 15 Dec 2016 16:08 WIB

Maryland AS akan Miliki Jalan Korea

Universitas Maryland (ilustrasi)
Foto: ABOUT.COM
Universitas Maryland (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Satu bagian dari jalan Maryland akan diberi nama "Jalan Korea" sebagai pengakuan atas sumbangan Korea terhadap perkembangan ekonomi dan kemajemukan budaya di negara bagian Amerika Serikat. Hal itu diungkapkan Larry Hogan dari kantor Gubernur, Selasa (13/12) waktu setempat.

Bagian dari Rute 40 Maryland AS membentang sejauh satu kilometer dan melewati Ellicot City, salah satu kota yang ditempati penduduk Korea terbanyak di Washington dengan banyak toko dan restoran Korea.

Sekitar tujuh persen dari 66.000 penduduk kota adalah orang Korea. Menurut kantor Gubernur, dua papan nama "Jalan Korea" akan dipasang pada 20 Desember.

Asosiasi Korea Amerika di Maryland pertama kali mengusulkan ide tersebut, dan pemerintah Maryland memutuskan untuk mendukung permohonan meskipun ada penolakan dari departemen transportasi tentang memberi nama jalan dengan nama negara atau kebangsaan.

Rencana ini berhasil dijalankan berkat dukungan yang kuat dari gubernur.

Hogan, yang menikah dengan artis Korea-Amerika Yumi Hogan dan memanggil dirinya sendiri "Hangguk Sawi" yang berarti "menantu Korea Selatan", sejak lama mendukung warga Korea Amerika di wilayahnya.

Pada Januari, Maryland juga menetapkan tanggal 13 Januari sebagai Hari Korea-Amerika dan 15 April sebagai Hari Taekwondo.

Yumi Hogan, seorang pelukis abstrak yang ulung, juga mengajar di Maryland Institute College of Art, adalah "Ibu negara" Maryland pertama yang merupakan keturunan Asia-Amerika. The Washington Post bahkan menulis cerita panjang tentang kisah cinta mereka, termasuk bagaimana mereka bertemu di sebuah pertunjukan seni pada tahun 2000 dan menikah pada 2004.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement