Senin 19 Dec 2016 11:24 WIB

Setelah Aleppo Jatuh, Kota Ini akan Menjadi Incaran Pasukan Assad

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Anggota pertahanan sipil mencari para korban selamat setelah terjadinya aksi bombardir di Provinsi Idlib
Foto: REUTERS/Ammar Abdullah
Anggota pertahanan sipil mencari para korban selamat setelah terjadinya aksi bombardir di Provinsi Idlib

REPUBLIKA.CO.ID, ALEPPO -- Pertempuran di Aleppo telah menyisakan luka cukup mendalam bagi warga setempat. Namun luka itu sepertinya belum akan usai.

Konflik di Suriah masih panjang. Terdapat daerah penting lain yang belum dikuasai pemerintahan Bashar al-Assad.Salah satu target tentara dan milisi Suriah pro-Assad kemungkinan Provinsi Idlib.

Di sana puluhan ribu milisi antipemerintah bermukim. Mereka terdiri dari beragam aliran ada yang moderat maupun garis keras.

Tak sedikit warga Aleppo yang dievakuasi ditaruh di Idlib. Sepertinya Idlib akan menjadi teater berdarah melebihi Aleppo. Saat ditanya, ke mana ia akan mengarah, Assad menunjukkan prioritas pertamanya. Setelah Aleppo, maka kemungkinan ia akan mengarah ke Idlib.

"Mengidentifikasi kota mana selanjutnya, harus dilihat dulu mana kota yang berisi dengan teroris terbanyak," kata Assad kepada media Russia.

Baca juga, Pasukan Assad Kuasai Aleppo.

Saat ini, jelas Assad, terdapat hubungan langsung antara Aleppo dan Idlib.  Sebab di dalam dan di luar kedua kota tersebut  terdapat Jabhat al Nusra.

Idlib memiliki berbatasan langsung dengan perbatasan Turki. Selain itu juga hanya beberapa kilometer dari Hama. Hama adalah provinsi tengah yang menjadi kunci membela Assad di wilayah pantai. Selain itu Hama juga dekat dengan basis militer Rusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement