Selasa 20 Dec 2016 17:34 WIB

Alasan Mengapa Melbourne Jadi Ibu Kota Olahraga Dunia

Kawasan olahraga canggih telah menjadi jantung utama dari kota Melbourne.
Foto: ABC
Kawasan olahraga canggih telah menjadi jantung utama dari kota Melbourne.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Dengan populasi hanya sekitar empat juta orang, Melbourne sudah lama mengejutkan karena banyak menyelenggarakan berbagai kegiatan olahraga tingkat dunia.

Kejuaraan tenis Grand Slam Australia Open, Formula 1 Australian Grand Prix, Boxing Day Test kejuaraan kriket internasional dan juga lomba pacuan kuda Melbourne Cup Carnival menjadi sorotan utama dari daftar event olahraga yang terus berkembang di Melbourne.

Namun, semua itu tidak bermula dari baru-baru ini saja. Sejarah sudah dimulai di 1996, jauh sebelum tahun depan Andy Murray bertarung di turnamen tenis Australia Terbuka atau kehadiran Lewis Hamilton di Grand Prix Formula 1. Pada 1996 itu, Mel menyelenggarakan empat kegiatan olahraga tingkat dunia, yang dimulai dari tenis, pacuan kuda, F1, dan kriket internasional dan menjadi landasan bagi semakin mengentalnya budaya olahraga di Melbourne.

Dalam penyelenggaraan kejuaraan Formula 1 Grand Prix pertama kali di Melbourne, pembalap F1, Damon Hill asal Inggris bersaing dengan pebalap lain untuk meraih kemenangan di sirkuit Albert Park. Boris Becker dan Monica Seles memenangkan kejuaraan Grand Slam Australia pertama di Rod Laver Arena.

Courtney Walsh dan Brian Lara memimpin West Indies untuk mencetak kemenangan atas tim Australia yang diperkuat Shane Warne, Glenn McGrath dan Waugh Bersaudara di Melbourne Cricket Ground (MCG). Sementara di lapangan pacuan kuda Flemington pada Selasa pertama November, kuda Saintly menghadiahkan gelar juara kesembilan untuk pelatih kuda pacu legendaris Bart Cummings dari rekor 12 piala Melbourne Cups yang diraihnya.

Sekarang ini, kalender event olahraga di Melbourne disesaki dengan lebih banyak lagi event olahraga internasional. Para pebalap terbaik dunia di kelas MotoGP setiap bulan Oktober mendatangi Phillip Island untuk berlaga di Australian Motorcycle Grand Prix.

Sementara para peselancar dari berbagai dunia berlaga di kejuaraan Rip Curl Pro setiap Paskah. Kejuaraan dunia kriket dunia, Pesta Olahraga Persemakmuran (Commonwealth Games), sepakbola Piala Asia dan event olahraga persahabatan internasional di cabang sepak bola sudah menampilkan klub-klub kelas dunia seperti Real Madrid, Manchester City dan Liverpool.

Sebagai tambahan Melbourne juga akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan golf internasional Presidents Cup dan Australian Masters Golf, balap sepeda UCI Road dan kejuaraan sepeda gunung atau Track Cycling Championships serta babak kualifikasi Piala Dunia FIFA.

Tambahan event olahraga yang baru-baru ini di kalender event olahraga Melbourne adalah Kejuaran Liga Rugby Dunia 2017, Piala Dunia Golf, Netball Fast5 Series dan Cadel Evans Great Ocean Road Race – sekarang telah menjadi bagian dari kalendar kegiatan global Badan Induk Olahraga Bersepeda Internasional - UCI.

Strategi berinvestasi di bidang infrastruktur untuk mendukung penyelenggaraan event olahraga peraih penghargaan di Melbourne telah menghasilkan kawasan khusus olahraga berkelas di jantung kota Melbourne dengan sarana angkutan umum yang luar biasa untuk memudahkan para penggemar menghadiri event olahraga tersebut.

Investasi ini terus berlanjut hingga hari ini. Melbourne Park saat ini sedang dalam proses pembangunan lanjutan senilai $338 juta termasuk sebuah jembatan penyeberangan yang dapat lebih menghubungkan tempat penyelenggaraan kejuaraan Australia Terbuka dengan pusat kota.

Rencana baru senilai satu miliar dolar AS juga telah disusun untuk mengubah MCG agar memiliki area taman dan ruang publik yang lebih luas untuk event kejuaraan langsung mereka. Pada 1996, Melbourne tanpa diragukan lagi telah berhasil membuktikan diri sebagai kota olahraga kelas dunia, ketika empat ajang olahraga besar internasional membentuk tulang punggung dari strategi kota olahraganya.

Warisan ini terus berlanjut dan dunia telah mengakui hal itu dengan menjuluki Melbourne sebagai Kota Olahraga Paling Luar Biasa versi SportBussiness dekade ini atau ‘SportBusiness Ultimate Sport City of the Decade’ setelah dijuluki sebagai World’s Ultimate Sports City pada 2006, 2008 dan 2010.

Melbourne Park
Melbourne Park ajang tenis Australia Terbuka sedang mengalami perombakan senilai 338 juta dolar Australia.

Berikut ini kegiatan olahraga yang akan digelar di Melbourne.

● Boxing Day Test. Melbourne Cricket Ground. 26,27, 28 Desember 2016

● 2017 Cadel Evans Great Ocean Road Race. Geelong dan the Great Ocean Road. 27 - 29 Januari 2017

● Australian Open - The Grand Slam of Asia-Pacific. Melbourne Park. 16 - 29 Januari 2017

● Festival of Sails. Geelong. 21 - 28 Januari 2017

● Superbike World Championship. Phillip Island. 24 - 26 Februari 2017

● 2017 Formula 1® Australian Grand Prix. Albert Park. 23 - 26 Maret 2017

● Rip Curl Pro Bells Beach. Bells Beach. 14 April 2017 (tanggal masih menunggu konfirmasi), 15 April 2017 (tanggal masih menunggu konfirmasi), 16 Apr 2017 (tanggal masih menunggu konfirmasi)

● Supercars WD-40 Phillip Island SuperSprint. Phillip Island. 21 - 23 April 2017

● Michelin® Australian Motorcycle Grand Prix. Phillip Island. 21 Oktober 2017

● 2017 Melbourne Cup Carnival. Flemington Race Course. 4 – 11 November 2017.

*Artikel ini dibuat oleh pemerintah negara bagian Victoria.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/wisata-nad-budaya/sponsor_vicgov-mengapa-melbourne-menjadi-ibukota-olahraga-dunia/8130880
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement