Kamis 22 Dec 2016 19:14 WIB

Muslimah Calon Perdana Menteri Rumania Ternyata Istri Pebisnis Suriah

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Sevil Shhaideh.
Foto: Reuters
Sevil Shhaideh.

REPUBLIKA.CO.ID, BUCHAREST -- Calon Perdana Menteri Rumania Sevil Shhaideh menikah dengan pebisnis Suriah bernama Akram Shahida pada 2011 lalu. Shahida sendiri berasal dari Latakia.

Shhaideh (52  tahun) selangkah lagi akan menjadi perdana menteri Rumania. Ia tinggal menunggu persetujuan dari Presiden Klaus Lohannis.

Presiden Lohannis berkonsultasi dengan para pemimpin politik. Jika ia benar dicalonkan maka tinggal memperoleh persetujuan parlemen.  Jika lolos, ia akan menjadi perdana menteri wanita dan akan menjadi perdana menteri pertama yang beragama Islam.

Shhaideh dicalonkan oleh partai pemenangan pemilu, Partai Sosial Demokrat.  Ketua Partai Sosial Demokrat Romania Liviu Dragnea dilarang menjadi perdana menteri karena dia dihukum setelah  melakukan penipuan dalam pemilihan.

Dragnea menyebut hukuman terhadapnya tidak adil dan membuatnya tak bisa menjadi perdana menteri.  Parlemen melarang siapapun yang dihukum untuk maju menjadi perdana menteri sejak diterapkan hukum mengenai hal itu 2001 lalu.

 

Baca juga, Selangkah Lagi Rumania Punya Perdana Menteri Seorang Muslimah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement