Senin 26 Dec 2016 02:47 WIB

Cile Dilanda Gempa Berkekuatan 7,7 SR

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Fauziah Mursid/ Red: Teguh Firmansyah
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PUERTO MONTT -- Badan Survei Geologi Amerika Serikat menyebutkan telah terjadi gempa bumi berkekuatan 7,7 skala Richter (SR) di barat daya kota Puerto Montt, Cile, Ahad (25/12).

Badan Survei Geologi menyebutkan gempa itu terjadi sekitar pukul 11.22 waktu setempat di dekat ujung selatan Chiloé Island, sekitar 25 mil (40 km) selatan-barat dari kota Puerto Quellon dan pada kedalaman 20 mil.  Beruntung daerah yang berada sekitar 140 mil dari Puerto Montt itu relatif jarang penduduknya.

Layanan oseanografi angkatan laut Chili sudah menyatakan peringatan pencegahan tsunami untuk wilayah yang berada dalam 620 mil dari pusat gempa. Kemudian petugas mulai mengevakuasi wilayah pesisir di bagian selatan negara itu. Namun peringatan tsunami itu kemudian dihapus oleh pemerintah Cile.

Sementara Kantor Darurat Nasional Chili (ONEMI) mengatakan tsunami kemungkinan tetap terjadi dan menegaskan kembali seruannya bagi warga Los Lagos untuk meninggalkan pantai dan pergi ke tempat yang lebih tinggi.  "Tidak ada laporan tentang kematian atau cedera dalam peristiwa ini," kata Kepala ONEMI Ricardo Toro, dikutip dari the Guardian, Ahad (25/12).

ONEMI mengatakan sekitar 4.000 orang telah dievakuasi dari daerah Los Lagos.  Gempa ini dirasakan di kota Bariloche, di perbatasan Argentina.

Cile memiliki sejarah panjang mengenai gempa bumi mematikan. Salah satunya gempa bumi berkekuatan 8,8 SR pada 2010 di lepas pantai selatan-tengah, yang memicu tsunami yang menghancurkan kota-kota pesisir.

Baca juga,  Menyusul Gempa, Aceh Jadi Trending Topic Dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement