Selasa 27 Dec 2016 10:22 WIB

Menhan Israel Serukan Yahudi Prancis Pindah ke Israel

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Bilal Ramadhan
Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman.
Foto: ABCNews
Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman meminta agar warga Yahudi Prancis meninggalkan negaranya untuk melakukan protes sebab Prancis akan menjadi tempat dilakukannya pembicaraan damai antara Palestina-Israel. Pemerintah Israel telah berulang kali menyatakan kalau Israel tak akan berpartisipasi dalam konferensi pembicaraan damai antara Palestina-Israel. Konferensi sendiri dilaksanakan pada 15 Januari dan diikuti perwakilan dari 70 negara.

"Ini saat yang tepat untuk mengatakan kepada Yahudi Prancis, ini bukan negaramu. Tinggalkan Prancis dan datanglah ke Israel," kata Lieberman, Senin, (26/12) seperti dilansir Aa.com.

Ini, ujar Lieberman, merupakan satu-satunya jalan untuk merespon konferensi tersebut. Apalagi konferensi dilakukan hanya beberapa waktu sebelum dilakukan pemilihan presiden yang baru di Prancis.

"Prancis sebentar lagi akan melakukan pemilihan presiden. Ini bukan waktu yang tepat untuk konferensi pembicaraan damai," kata Lieberman.

Apalagi pembicaraan damai dengan Palestina bukan keinginan Israel sendiri. Selain itu juga bertentangan dengan Israel. Menurutnya, konferensi yang dilakukan di Prancis merupakan upaya untuk menggerogoti keamanan Israel. Selain itu juga memperburuk nama Israel.

Berdasarkan data Jewish Agency for Israel diperkirakan 1,5 juta Yahudi tinggal di Eropa. Sebanyak 600 ribu tinggal di Prancis. Pada 2014 sebanyak 6.655 Yahudi telah melakukan migrasi dari Prancis ke Israel. Pada 2013, sebanyak 3.293 Yahudi Prancis bermigrasi ke Israel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement