Rabu 28 Dec 2016 05:48 WIB

Pria Prancis Ini Keliling Dunia dalam 49 Hari

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Esthi Maharani
Thomas Coville
Foto: twitter
Thomas Coville

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS – Masih ingat dengan novel klasik karya pengarang Prancis, Jules Verne, Le Tour du Monde en Quatre-vingts Jours (Keliling Dunia dalam 80 Hari)?

Teks sastra itu menceritakan petualangan Phileas Fogg yang bertaruh dengan kawan-kawannya di sebuah klub London. Ia akhirnya berhasil memenangkan taruhan 20 ribu poundsterling (kini setara 2 juta poundsterling atau sekitar Rp 32,9 miliar) lantaran membuktikan diri mampu mengitari bumi dalam waktu 79 hari.

Kini, ambisi yang sama berhasil dituntaskan seorang pelaut Prancis, Thomas Coville (48 tahun). Tanpa transit, ia berhasil mengelilingi dunia selama 49 hari, tiga jam, tujuh menit, dan 38 detik. Demikian dilansir USA Today, Selasa (27/12).

Nama Coville pun tercatat dalam buku rekor dunia. Diketahui, ia memulai petualangannya dari sebuah pulau di Selat Inggris pada 6 November 2016. Pada Senin (26/12) lalu, setelah mengarungi keliling bumi, ia berhasil mencapai pelabuhan Brest di Prancis barat.

Dilansir AP, pelayaran seorang diri ini merupakan upaya ketiga kalinya dari Coville. Sebelumnya, ia pernah mengelilingi bumi namun dalam tempo 57 hari. Agaknya, berbeda dari karakter fiksi Jules Verne. Tidak ada romansa cinta dari petualangan nyata Coville ini.

Bagaimanapun, ia membagi foto-foto yang luar biasa di situs resminya, sodebo.com.

Selamat, Coville!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement