Selasa 03 Jan 2017 06:02 WIB

Obama akan Sampaikan Pidato Perpisahan 10 Januari di Chicago

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Angga Indrawan
Barack Obama
Foto: VOA
Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, HONOLULU -- Barack Obama akan menyampaikan pidato terakhirnya sebagai presiden Amerika Serikat (AS) pada Selasa (10/1) pekan depan. Dilansir Reuters, Senin (2/1), lokasi yang dipilih Obama adalah Chicago, yang juga merupakan kota tempatnya berasal.

Isi pidato akan berkisar soal renungan Obama mengenai kepemimpinannya yang berlangsung dua periode. "Saya harap ini (pidato perpisahan) juga jadi kesempatan bagi saya mengucapkan terima kasih atas perjalanan yang menakjubkan ini. Saya juga akan menyampaikan beberapa pendapat nanti tentang arah bangsa ini ke depan," jelas Barack Obama, Senin (2/1).

Sebagai informasi, AS akan menjalani pemerintahan baru yang dipimpin Donald Trump. Ia akan dilantik sebagai presiden pada 20 Januari 2017. Dalam kampanye silam, Trump pernah berjanji akan menghapus beberapa kebijakan Obama. Misalnya tentang jaminan kesehatan.

Dalam ajang pilpres 2016, Obama mendukung rekan separtainya, Hillary Clinton. Namun, istri Bill Clinton itu akhirnya kalah suara ketimbang Trump. "Sejak 2009, kita telah banyak menghadapi segala macam tantangan. Dan kita bisa melaluinya dengan lebih kuat lagi," kata Obama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement