Kamis 05 Jan 2017 08:58 WIB

Trump Dinilai Lebih Loyal kepada Putin daripada Amerika

Rep: dyah ratna meta novia/ Red: Ani Nursalikah
Presiden terpilih AS Donald Trump.
Foto: AP
Presiden terpilih AS Donald Trump.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Mantan agen CIA, Evan McMullin, mengatakan kepada ITV News, Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump jauh lebih loyal kepada Presiden Rusia Vladimir Putin daripada kepada negaranya sendiri. "Donald Trump membuat negara kita dan pemerintah kita bersekutu dengan negara yang terus menyerang demokrasi kita, yakni Rusia dan rezim Vladimir Putin," katanya dilansir ITV News, Rabu (4/1).

"Sangat hebat kita memiliki presiden Amerika yang bersekutu dengan pihak asing yang menyerang sistem pemerintahan kita. Oleh karena itu, kita harus memastikan hak-hak dasar kita sebagai orang Amerika terpenuhi," ujar McMullin.

Dengan naiknya Trump sebagai presiden, kata dia, dunia akan kurang stabil karena Amerika bekerja sama dengan Eropa menjadi penghalang perlindungan demokrasi Barat. "Trump ideologi bersekutu dengan Putin dan pemimpin otoriter lainnya. Bahkan dalam kampanyenya ia mengatakan banyak respek untuk itu maka tak diperlukan analisis lagi karena ia telah mengatakannya dengan terus terang," kata McMullin.

Ia juga yakin Trump tipe orang yang sangat korup. Trump merupakan orang yang senang memperkaya dirinya sendiri. "Trump hanya berpikir tentang dirinya, dirinya, dan hanya dirinya. Untuk seluruh hidupnya, mungkin hanya sedikit berlebihan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement