Sabtu 14 Jan 2017 21:11 WIB

Empat Perbedaan Australia Terbuka dan Wimbledon

Lokasi Australia Terbuka 2017 di Melbourne Park dengan latar belakang Melbourne CBD.
Foto: ABC
Lokasi Australia Terbuka 2017 di Melbourne Park dengan latar belakang Melbourne CBD.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Turnamen grand slam pembuka tahun, Australia Terbuka kembali akan digelar di Melbourne Park mulai Senin (16/1/2017). Ada empat turnamen grand slam di dunia, yakni Australia Terbuka, Prancis Terbuka, Wimbledon dan AS Terbuka.

Kesamaan dari keempat turnamen besar tersebut adalah semuanya dianggap turnamen paling bergengsi di dunia, sehingga masuk dalam kategori grand slam. Pemenang dari turnamen ini sudah diperkirakan akan masuk dalam catatan sejarah, dan akan mendapat hadiah yang besar, yang akan melambungkan nama mereka di peringkat tenis, dan lebih dikenal lagi oleh para penggemar tenis.

Semua turnamen ini diselenggarkan di musim panas di negara masing-masing. Australia Terbuka di Januari, Prancis Terbuka di Juni, Wimbledon di Juli, sementara AS Terbuka pada Agustus/September.

Ketika bekerja untuk BBC World Service di London antara 1994-2010, saya juga bertugas meliput banyak peristiwa olahraga termasuk diantaranya Wimbledon. Ketika itu keterlibatan para petenis putri Indonesia seperti Yayuk Basuki, Wyne Prakusya, dan Angelique Widjaja membuat Wimbledon adalah salah satu turnamen yang harus diliput.

Sejak 2010 saya pindah ke Australia dan di tahun 2013, pindah ke Melbourne, tuan rumah turnamen Australia Terbuka. Inilah beberapa perbedaan antara kedua turnamen ini, Australia Terbuka dan Wimbledon.

Lokasi pertandingan

Seperti banyak lokasi pertandingan olahraga, Australia Terbuka diselenggarakan tidak jauh dari pusat kota Melbourne. Kompleks olahraga Melbourne Park berada di kawasan olahraga bersama dengan ikon olahraga lain di Melbourne, seperti Melbourne Cricket Ground (MCG) yang banyak digunakan untuk pertandingan kriket dan footy ala Australia (AFL) dan Stadion Etihad yang banyak digunakan untuk pertandingan sepakbola.

Akses ke arena relatif lebih mudah karena Melbourne Park ini diapit oleh dua stasiun kereta besar yaitu Richmond dan Flinders St, dimana penonton bisa berjalan kaki dengan mudah dari stasiun. Bila malas berjalan kaki, Melbourne Park juga dilayani oleh trem nomor 70 dimana di musim kompetisi, pihak pengelola transportasi Melbourne memberikan kemudahan dengan membebaskan penumpang yang sudah memiliki karcis pertandingan untuk menggunakan trem.

Sementara itu di lokasi Wimbledon berada sekitar 11 Km dari pusat kota London. Sebenarnya kejuaraan ini bernama resmi All England Tennis Championship dan karenanya diselenggarakan di sebuah kawasan bernama Wimbledon, akhirnya nama ini lebih terkenal.

Wimbledon bisa dicapai dengan kereta dari pusat kota, dan setelah sampai di stasiun terdekat diantaranya Wimbledon, penonton masih harus menggunakan bus atau taksi untuk mencapai lokasi pertandingan. Bila mereka hendak berjalan kaki, diperlukan waktu sekitar 20-30 menit untuk tiba di sana.

Petenis Serbia Novak Djokovic sudah biasa tampil dalam pertandingan malam hari di Australia Terbuka
Petenis Serbia Novak Djokovic sudah biasa tampil dalam pertandingan malam hari di Australia Terbuka. Foto: ausopen.com.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/wisata-nad-budaya/perbedaan-antara-australia-terbuka-dan-wimbledon/8181006
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement