Rabu 25 Jan 2017 14:53 WIB

Donald Trump: Akan Ada Hari Besar untuk Keamanan Nasional

Rep: Puti Almas/ Red: Winda Destiana Putri
Presiden AS, Donald Trump
Foto: AP
Presiden AS, Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan akan datang sebuah hari besar untuk memperkuat keamanan nasional negara itu, Selasa (24/1). Ia juga mengumumkan hal itu bersamaan dengan rencana membangun dinding di perbatasan Meksiko.

Trump dilapokan saat ini akan menandatangani beberapa perintah eksekutif mengenai imigrasi dan keamanan di perbatasan Negeri Paman Sam. Termasuk dengan kemungkinan pemeriksaan secara ketat terhadap orang-orang yang datang dari tujuh negara dengan mayoritas Muslim di Timur Tengah dan Afrika.

"Kami merencanakan hari besar untuk masalah keamanan nasional dalam banyak hal, termasuk membangun dinding di perbatasan negara ini," ujar Trump melalui akun Twitter, dilansir BBC, Rabu (25/1). Dinding yang dibangun di perbatasan Meksiko diperkirakan memiliki panjang 2000 mil. Sepanjang kampanye presiden, miliarder itu kerap menyuarakan masalah untuk mencegah arus imigran datang ke AS.

Trump juga mengatakan ada sejumlah langkah untuk bekerjasama dengan pihak berwenang untuk mendeportasi imigran ilegal. Ia juga menghentikan akses untuk masuk ke AS dari negara-negara yang cenderung mendatangkan pengungsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement