Kamis 26 Jan 2017 07:17 WIB

150 Narapidana di Brazil Kabur dari Penjara

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri
Narapidana (ilustrasi).
Foto: freedomessenger.com
Narapidana (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANIERO -- Sekitar 150 narapidana melarikan diri dari satu penjara di Kota Bauru di Negara Bagian Sao Paulo di Brazil Selatan, pada Selasa, (24/1). Hal itu terjadi setelah kerusuhan yang menyebabkan kebakaran pada sebagian penjara.

Menurut keterangan pengelola penjara di negara bagian itu, polisi baru saja menangkap 100 tahanan yang melarikan diri, demikian seperti dikuti Xinhua, Kamis (26/1). Sejak awal 2017, sudah ada lebih dari 130 narapidana tewas dalam bentrokan di penjara.

Pihak berwenang menduga gerombolan penjahat yang teroganisir berada di belakang peristiwa tersebut. Ada pula pengamat yang menuduh, sebagian besar penghuni di penjara itu sebagai sumber kerusuhan.

Penjara di Bauru sebenarnya tidak terlalu kelebihan penghuni seperti beberapa penjara lain. Kantor berita Brazil menyebutkan, penjara dapat menampung 1.427 narapidana di instalasi yang dirancang untuk menampung 1.124 orang.

Para pejabat penjara mengatakan, narapidana memberontak terhadap disiplin ketat instalasi. Ke depannya pihak berwenang akan menangkap para narapidana yang kabur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement