Jumat 27 Jan 2017 01:50 WIB

Presiden Meksiko Batalkan Pertemuan dengan Trump

Enrique Pena Nieto
Foto: Reuters/Hugo Correia
Enrique Pena Nieto

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto mengatakan, Kamis (26/1), ia tidak akan menghadiri pertemuan dinas dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang sebelumnya dijadwalkan berlangsung pada Selasa, 31 Januari di Washington DC.

"Pagi ini kami telah mengabarkan kepada Gedung Putih saya tidak akan menghadiri pertemuan yang dijadwalkan Selasa depan dengan POTUS (Presiden Amerika Serikat)," kata Pena Nieto melalui Twitter.

Pernyataannya itu muncul beberapa jam setelah Trump mencicit pertemuan akan dibatalkan jika Meksiko tidak mau membayar biaya pemasangan pagar dinding di perbatasan. Pada Rabu, Trump menandatangani perintah eksekutif soal pemasangan pagar dinding di perbatasan AS-Meksiko.

Percekcokan soal dinding pembatas antara Meksiko dan Amerika Serikat memanas pada Rabu, yaitu ketika Trump menandatangani perintah eksekutif bahwa pagar dinding di perbatasan selatan harus segera dipasang. Trump bersikeras Meksiko nantinya harus membayar biaya pemasangan dinding.

Presiden Pena Nieto pada Rabu menanggapi langkah Trump tersebut dengan mengatakan negaranya menentang keputusan AS untuk menegakkan pagar dinding di perbatasan dan Meksiko "tidak akan mengeluarkan dana untuk pemasangan dinding." Pemasangan dinding antara Amerika Serikat dan Meksiko merupakan salah satu rencana kontroversial yang diusung Trump dalam kampanyenya tahun lalu.

Tekadnya itu berhasil mendapatkan dukungan dari para pemilih berpenghasilan rendah, yang percaya bahwa lahan pekerjaan mereka telah diambil alih oleh para pendatang dari Meksiko. Para penentang Trump menganggap pemasangan pagar dinding merupakan simbol xenofobia (ketakutan terhadap orang asing).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement