Rabu 01 Feb 2017 03:25 WIB

Eks Pemilik Rumah Tempat Hitler Dilahirkan Gugat Pemerintah Austria

Bangunan rumah tempat Adolf Hitler dilahirkan di Braunau am Inn, Austria.
Foto: Anadolu Agency
Bangunan rumah tempat Adolf Hitler dilahirkan di Braunau am Inn, Austria.

REPUBLIKA.CO.ID,  WINA -- Mantan pemilik bangunan tempat Adolf Hitler dilahirkan telah mengajukan gugatan hukum terhadap pengambilalihan bangunan rumah bersejarah tersebut oleh pemerintah Austria yang ingin memastikan rumah tersebut tidak akan dijadikan kuil untuk kelompok neo-Nazi.

Pada Desember 2016 lalu, parlemen Austria meminta pemerintah segera membeli bangunan berlantai tiga yang berada di kota Braunau am Inn, guna mengakhiri sengketa lama dengan pemiliknya. Kementerian Dalam Negeri telah menyewa bangunan tersebut sejak 1972 dan telah digunakan untuk berbagai kegiatan oleh pihak berwenang di kota yang dekat perbatasan dengan Jerman.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir bangunan ini dalam kondisi kosong dan tidak pernah digunakan lagi. "Kami menerima klaim oleh pemilik. Ini adalah tentang pemilik melawan keabsahan konstitusional hukum," kata juru bicara Mahkamah Konstitusi seperti dilansir Reuters, Selasa (31/1).

Menurut Mahkamah Konstitusi kasus tersebut biasanya memakan waktu beberapa bulan. Hitler dilahirkan pada tahun 1889. Semasa hidupnya ia memimpin pasukan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement