Kamis 02 Feb 2017 07:31 WIB

Vatikan Khawatir Kebijakan Imigrasi Trump

Lapangan St Peter di Vatikan.
Foto: AP/Riccardo De Luca
Lapangan St Peter di Vatikan.

REPUBLIKA.CO.ID, VATICAN CITY -- Vatikan menyatakan kekhawatirannya atas kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait imigrasi, Rabu (1/2).

Itu tanggapan pertama Takhta Suci sejak keluar keputusan Trump tentang larangan masuk ke AS bagi warga tujuh negara yang berpenduduk sebagian besar Muslim.

"Tentu saja ada kekhawatiran karena kami adalah utusan budaya lain, yakni keterbukaan," kata Deputi Menteri Luar Negeri Vatikan, Uskup Agung Angelo Becciu, kepada stasiun televisi Katolik Italia dalam menjawab pertanyaan tentang kebijakan Trump itu.

Baca: Warga Yahudi Israel Lahir di Tujuh Negara Muslim Boleh Masuk AS

Becciu, orang ketiga dalam hirarki Vatikan, ditanya tentang keputusan Presiden Trump itu, demikian pula janji Trump mendirikan tembok di perbatasan AS dengan Meksiko. "Kenyataannya, Paus Fransiskus menekankan pada kemampuan mengintegrasikan orang-orang yang datang di masyarakat dan budaya kami," katanya kepada TV2000.

Beberapa pemimpin Katolik Roma di AS mengkritik kebijakan eksekutif Trump tersebut. Kardinal Chicago Blase Cupich, Ahad (29/1) waktu setempat menyatakan hal itu menjadi peristiwa gelap dalam sejarah AS dan hal itu kontras dengan nilai-nilai yang berlaku di Katolik dan bangsa AS.

Pada Februari, saat pulang dari kunjungannya ke Meksiko, Paus Fransiskus mengatakan pandangan Trump tentang pembangunan dinding tidak Kristiani.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement