Jumat 03 Feb 2017 09:39 WIB

Sejarah Hari Ini: AS Lakukan Uji Coba Nuklir

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Reaktor nuklir, ilustrasi
Reaktor nuklir, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  Pada 3 Februari 1972 Amerika Serikat melakukan uji coba nuklir di Nevada. Selama ini uji coba nuklir memang telah dilakukan beberapa kali di Nevada Test Site (NTS).

NTS didirikan pada 11 Januari 1951 dengan tujuan sebagai tempat uji coba senjata nuklir. NTS terdiri dari gurun pasir dan pegunungan seluas  3.500 km persegi.

Sebelum uji coba nuklir 1972, sejumlah uji coba nuklir telah dilakukan. Antara lain pada 27 Januari 1951, 17 Juli 1962. Pada 5 Agustus 1963,  Uni Soviet dan Amerika Serikat menandatangani Limited Test Ban Treaty (LTBT).

Perjanjian ini melarang dilakukan uji coba nuklir di atmosfir, di bawah laut, dan di luar angkasa. Seperti dilansir Onlinenevada, sejak ditandatangani kesepakatan LTBT hingga akhir 1992 uji coba nuklir di NTS selalu dilakukan di bawah tanah.

Selama uji coba nuklir di bawah tanah, tiga nuklir yang diuji coba digunakan dalam program Plowshare.  Program Plowshare dilakukan untuk mengembangkam nuklir yang digunakan bagi misi yang lebih damai misalnya untuk diaplikasikan di industri , pembangunan pelabuhan, kanal, dam, dan untuk simulasi produksi gas alam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement