Sabtu 04 Feb 2017 00:23 WIB

Trump akan Tanda Tangani Perintah Eksekutif untuk Reformasi Wall Street

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Andi Nur Aminah
Presiden AS Donald Trump.
Foto: AP Photo/Pablo Martinez Monsivais
Presiden AS Donald Trump.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden AS Donald Trump berencana untuk menandatangani perintah eksekutif untuk memudahkan penyesuaian peraturan setelah krisis keuangan 2008 untuk mengendalikan Wall Street. Juru bicara Gedung Putih, dilansir Washington Post, Jumat (3/2) menyatakan langkah ini akan membahas salah satu dari janji kampanye Trump: Membongkar undang-undang reformasi keuangan 2010, yang dikenal sebagai Dodd Frank.

Undang-undang tersebut memaksa bank mengambil berbagai langkah untuk mencegah krisis keuangan lain. Termasuk memegang lebih banyak modal dan mengambil 'stress test' tahunan untuk membuktikan bahwa mereka bisa menahan gejolak ekonomi. Industri keuangan, khususnya perbankan komunitas kecil, mengeluh aturan itu terlalu jauh.

Trump juga bermaksud untuk menandatangani memorandum presiden secara terpisah untuk mengubah kembali aturan Departemen Tenaga Kerja yang mewajibkan tenaga kerja keuangan profesional untuk menempatkan kepentingan klien mereka di atas kepentingan mereka sendiri. "Aturan fidusia," yang dijadwalkan berlaku pada bulan April, telah lama menjadi target dari Partai Republik, termasuk sekutu dekat Trump di Wall Street, Anthony Scaramucci, yang menyebut aturan itu memberatkan dan mahal.

"Departemen Tenaga Kerja harus membatalkan aturan dan mempertimbangkan apakah itu bisa membahayakan investor atau mengganggu industri jasa pensiun, tertulis dalam memorandum Trump," kata juru bicara Gedung Putih.

Perintah tersebut datang, saat aturan tersebut juga sedang dalam pertimbangan di pengadilan. Keputusan gugatan kelompok bisnis besar yang menantang aturan, termasuk Kamar Dagang, bisa datang setiap saat.

Upaya ini diyakini membuat marah Partai Demokrat di Kongres dan kelompok progresif yang berpendapat Wall Street membutuhkan lebih banyak pengawasan. Hal ini juga akan meningkatkan kritik yang mengatakan Trump, meskipun menjanjikan selama kampanye untuk "menguras rawa," telah menjadi nyaman dengan Wall Street sejak pemilu. Trump telah menunjuk beberapa alumni Goldman Sachs untuk posisi kunci dalam pemerintahannya, dan panel strategis dan kebijakannya dipimpin oleh Stephen A. Schwarzman, pendiri Blackstone, sebuah perusahaan investasi besar-besaran.

Senator Sherrod Brown (D-Ohio), anggota Komite Perbankan, dengan cepat merespon upaya Trump untuk memutar kembali aturan fidusia. "Tindakan Presiden Trump akan membuat lebih sulit bagi penabung di Amerika untuk menyimpan lebih dari apa yang mereka peroleh," kata Brown dalam sebuah pernyataan.

Trump mengatakan Dodd Frank adalah "bencana" dan bahwa ia akan melakukan "sejumlah besar" pada undang-undang. Tapi tidak jelas mana aturan akan cenderung ia kurangi atau hapus. Hukum memberi pemerintah kewenangan baru untuk merebut dan angin besar, perusahaan keuangan bermasalah, mendirikan dewan pengawas untuk memantau ancaman terhadap sistem keuangan dan pengawasan mandat pasar yang luas untuk derivatif, instrumen yang membantu bahan bakar krisis.

"Banyak peraturan yang dibuat oleh Dodd-Frank akan sulit untuk dihilangkan tanpa tindakan dari Kongres. Tetapi ada sejumlah perubahan yang regulator dapat membuat (terutama pada penegakan aturan ini) yang bisa memiliki dampak yang signifikan terhadap model bisnis bank dan perusahaan jasa keuangan lainnya," kata Edward Mills, seorang analis kebijakan di bank investasi FBR Capital Markets, mengatakan dalam sebuah laporan penelitian Jumat pagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement