Sabtu 04 Feb 2017 12:29 WIB

Cuaca Ekstrem Masih Landa Inggris

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Cuaca dingin ekstrem.
Cuaca dingin ekstrem.

REPUBLIKA.CO.ID, BELFAST -- Badan prakiraan cuaca Inggris, Met Office mengeluarkan peringatan kuning untuk Irlandia Utara. Diperkirakan hujan lebat dari bagian selatan Inggris akan menuju ke utara, tepatnya di Irlandia Utara pada Sabtu (4/2) waktu setempat.

Salah satu peneliti Mark Wilson mengatakan angin kencang yang melanda wilayah pesisir secara bertahap akan berkurang semalam. Akan tetapi ia memperingatkan curah hujan akan bergerak.

Peringatan Met Office menyatakan banjir lokal mungkin akan terjadi di Irlandia Utara. Curah hujan sebanyak 30 mm hujan diperkirakan turun dalam waktu enam sampai sembilan jam.

"Ada risiko salju jatuh beberapa sentimeter di tanah di atas 200 meter dari bagian depan jalan utara menuju Skotlandia," kata Wilson, dikutip dari The Guardian, Sabtu (4/2).

Sementara itu peringatan kuning untuk jatuhnya es dikeluarkan untuk wilayah barat daya Inggris dan Wales. Potongan es akan terbentuk di beberapa tempat dalam waktu semalam. Hal ini mungkin akan menyebabkan sulitnya mengemudi di jalan di wilayah tersebut pada Sabtu (4/2) pagi.

Wilson mengatakan cuaca akhir pekan ini akan menjadi perpindahan utara-selatan. Bagian utara dari Inggris akan berangin dengan beberapa wilayah hujan lebat dan beberapa bukit bersalju. Sedangkan di selatan, selain dari beberapa wilayah diguyur hujan, ada wilayah yang lebih kering dengan angin ringan dan beberapa wilayah cerah.

Dalam beberapa hari terakhir, suhu telah cukup ringan. Pada Ahad siang, suhu tertinggi akan berkisar antara lima derajat Celcius dan delapan Celcius. Ini akan terasa lebih dingin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement