Senin 06 Feb 2017 11:23 WIB

Sejarah Hari Ini: Singapura Ditemukan

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
raffles
Foto: en.bestpicturesof.com
raffles

REPUBLIKA.CO.ID,  Pada 6 Februari 1819 Thomas Stamford Raffles menemukan Singapura sebagai pelabuhan dagang Inggris. Seperti dilansir On This Day, Raffles merupakan negarawan Inggris dan pendiri Kota Singapura yang terletak di Asia Tenggara.

Saat berusia 15 tahun ayahnya sebagai tulang punggung keluarga meninggal. Ini membuat Raffles memutuskan bekerja sebagai pegawai di perusahaan Hindia Timur Britania. Ini merupakan perusahaan dagang yang sebagiannya milik pemerintah yang berperan banyak dalam penaklukan Inggris di luar negeri.

Pada  tahun 1805 Raffles dikirim ke Pulau Penang, Malaysia. Itulah awal mulanya ia mengenal Asia Tenggara hingga menemukan Singapura dan menjadi Gubernur Letnan Hindia Belanda yang terbesar.

Sepeninggal Raffles, Singapura terus berkembang menjadi negara kota yang maju. Singapura adalah salah satu  pusat keuangan termaju di dunia. Singapura hingga saat ini masih  memiliki peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Bahkan pelabuhan Singapura masih menjadi salah satu  pelabuhan tersibuk di dunia.n dyah ratna meta novia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement