Jumat 10 Feb 2017 11:15 WIB

Media Cina Sambut Baik Surat dari Trump

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Presiden Cina Xi Jinping.
Foto: Reuters
Presiden Cina Xi Jinping.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Media pemerintah Cina menyambut baik surat yang dikirim Presiden AS Donald Trump untuk Presiden Cina Xi Jinping. Surat yang menyertakan ucapan selamat Tahun Baru Imlek dari Presiden Trump itu dinilai dapat membawa sinyal positif bagi hubungan kedua negara.

Trump menyatakan ingin mempererat kerja sama dengan Cina di masa depan. Meski demikian, hingga saat ini Trump dan Xi belum berbicara secara langsung sejak Trump resmi menjabat sebagai Presiden AS bulan lalu.

"Surat itu menyampaikan pesan untuk meyakinkan hubungan bilateral masih di jalur yang benar, meskipun ada spekulasi yang timbul sejak kemenangan Trump dalam pemilu November," kata seorang pejabat Cina dalam sebuah editorial di China Daily, Jumat (10/2).

Trump sempat memicu kemarahan Cina pada Desember lalu setelah menerima panggilan telepon dari Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen. Cina menganggap Taiwan sebagai provinsi pembangkang yang tidak berhak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan negara lain.

Baca: Trump Berusaha Cairkan Hubungan dengan Xi Jinping Lewat Surat

Selain itu, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson menyatakan Cina seharusnya tidak diperbolehkan mendapat akses ke pulau-pulau yang dibangun di Laut Cina Selatan. Gedung Putih juga bersumpah akan mempertahankan wilayah internasional di perairan strategis itu.

"Dengan latar belakang itu, surat ini, meskipun singkat dan dikeluarkan hampir tiga pekan setelah pelantikan Trump, masih memberikan sinyal positif," tulis China Daily.

Tabloid Global Times yang diterbitkan oleh People's Daily milik Partai Komunis Cina bahkan memberikan nada optimistis. Sebelumnya People's Daily selalu mencerca pemerintahan Trump.

"Selama beberapa pekan terakhir, tanda-tanda yang lebih positif telah muncul antara Cina dan AS. Hal itu membuat semua orang mengevaluasi hubungan bilateral di bawah kepemimpinan Trump," tulis People's Daily dalam sebuah editorial.

Pejabat Cina mengecam sikap Trump yang acuh dan tidak mengirimkan salam Tahun Baru Imlek pada akhir bulan lalu. Namun media Cina menunjukkan tanggapan positif terhadap Ivanka Trump yang mengikuti acara Tahun Baru Imlek di Kedutaan Besar Cina di Washington.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement