Senin 13 Feb 2017 23:28 WIB

Kebakaran di NSW Hanguskan 50 Ribu Hektare Lahan

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, NEW SOUTH WALES -- Kebakaran hebat melanda perkampungan Uarbry sekitar 390 km dari Ibu Kota New South Wales. Akibatnya,  50 ribu hektare lahan di wilayah ini hangus. Tak ada korban dalam musibah ini, namun saat warga kembali mereka mendapatkan seluruh rumah milik mereka musnah terbakar.

An aerial picture of burnt and collapsed buildings.

Uarbry setelah kebakaran semak di akhir pekan. ABC News: Jessica Kidd

 

Seorang pria dengan berurai air mata mengatakan kepada ABC bahwa dia mungkin telah kehilangan segalanya, kecuali baju yang dikenakannya. Dia mengungsi dengan kedua anjingnya mengunakan truk miiliknya dan tetangga ke sebuah kota kecil di dekatnya Coolah, dimana warga berkumpul untuk membicarakan nasib mereka hari Senin (13/2).

The frame of a burnt out house destroyed by bushfire
Rumah yang hangus dilalap api di Dondingalong.Supplied: Frank Redward

Kebakaran semak yang menghancurkan Uarbry sebelumnya sudah menghanguskan kawasan seluas 50 ribu hektar di timur Dunedoo. Kawasan itu masih terbakar dan sekarang api bergerak ke Coolah dan Leadville, dimana sekitar 900 properti di sana tidak lagi memiliki listrik.

Warga Coolah Mal McMaster mengatakan dia sudah memnbantu memadamkan api dan selama 48 jam terakhir, hampir sama sekali tidak tidur. "Ada teman yang kehilangan harta mereka, ternak, rumah." katanya.

"Dan ketika saya kembali ke rumah tadi malam, saya mengatakan ''Bila ini rasanya seperti di neraka, saya tidak akan ke sana. Susah sekali menggambarkannya."

A homestead is destroyed by fire at Boggabri, NSW.
Rumah yang hancur di Boggabri. ABC News: Kristy Reading

Di Boggabri, sekitar 475 km dari Sydney, dua warga kehilangan rumah dan seluruh isinya. Salah seorang di antaranya sedang membantu keluarganya memadamkan api di lokasi lain di Dunedoo.

Kebakaran yang melanda Boggabri kemarin bermula dari belakang rumah Sam Conway.

Dia mengatakan api bergerak 'secepat kecepatan angin."

Burnt paddocks at the Boolah Partnership at Boggabri
Kebakaran yang merusak ladang pertanian di Boggabri dengan kerugian Rp 5 miliar.ABC News: Kristy Reading

 

Dia mengatakan tidak ada waktu bagi mereka untuk bertindak, namun ada ratusan relawan yang membantu. Conway, yang mengelola ladang pertanian bernama Boolah Partnership mengatakan kerugian yang dideritanya sekitar AU$500,000 (sekitar Rp 5 miliar).

Meskipun adanya kerugian, penduduk setempat mengatakan mereka masih beruntung karena api tidak melahap berbagai peralatan pertanian yang mahal.

Coolah residents pack a sports club for a bushfire update.
Warga berkumpul di Coolah membicarakan nasib mereka.ABC News: Michael Cavanagh

Diterjemahkan pukul 15:00 AEST 13/2/2017 oleh Sastra Wijaya dan simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement