Selasa 14 Feb 2017 09:56 WIB

Kecelakaan Bus Taipei Tewaskan 32 Wisatawan

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Winda Destiana Putri
Kecelakaan bus (ilustrasi)
Foto: Antara
Kecelakaan bus (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI - Sedikitnya 32 orang tewas saat sebuah bus wisata terperosok ke sebuah lereng di Taipei, Taiwan, Senin (13/2). Rekaman televisi menunjukkan, bus menabrak pembatas jalan sebelum terbalik dan terjatuh.

Dari 44 penumpang di dalamnya, 30 penumpang dinyatakan tewas di lokasi kejadian. Sementara dua lainnya meninggal dunia di rumah sakit.

Petugas pemadam kebakaran Taipei mengatakan, 12 korban selamat saat ini masih dirawat di rumah sakit sekitar Taipei. Mayoritas penumpang diketahui berusia lanjut usia, sekitar 60 tahunan.

Biro Pariwisata Taiwan menyatakan, perjalanan wisata bus tersebut diatur oleh agen perjalanan Tieh Lien Hua. Seluruh penumpang diperkirakan berkewarganegaraan Taiwan.

"Kami melakukan upaya untuk membantu dengan aksi tanggap darurat dan akan sepenuhnya bekerja sama," kata Chou Chi-hung dari Biro Pariwisata Taiwan dilansir laman Reuters.

Belum diketahui apa yang menyebabkan kecelakaan itu terjadi. Alat berat dikerahkan untuk mengangkat badan bus dari dalam lereng, setelah seluruh korban berhasil dievakuasi. Ambulans dan truk pemadam kebakaran juga bersiaga di lokasi.

Kecelakaan ini adalah kecelakaan terbaru yang dialami bus wisata di Taiwan. Awal bulan ini, bus wisata lainnya yang membawa wisatawan Cina, juga menabrak sebuah jembatan di Taiwan selatan dan melukai beberapa penumpang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement