Selasa 14 Feb 2017 13:52 WIB

Polisi Turki Tahan 500 Orang Terkait PKK

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Polisi Turki.
Foto: REUTERS/Osman Orsal
Polisi Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Kepolisian Turki melakukan penahanan terhadap lebih dari 500 orang dalam operasi yang menargetkan Partai Pekerja Kurdistan (PKK). Selama ini, pemerintah negara itu mengategorikan kelompok tersebut dalam organisasi teroris.

Diperkirakan ada 544 orang yang terkait dengan PKK ditangkap dalam operasi yang digelar di 25 provinsi, termasuk di wilayah kota-kota utama Turki, seperti Istanbul dan Izmir.

Diantara mereka yang ditangkap adalah pejabat dari Partai Rakyat Demokratik pro-Kurdi (HDP). Pemerintah Turki telah menuding partai oposisi terbesar kedua di parlemen negara itu sebagai perpanjangan tangan PKK.

Selain Turki, PKK juga dianggap sebagai organisasi teroris oleh Uni Eropa dan Amerika Serikat (AS). Kelompok itu telah meluncurkan pemberontakan bersenjata di wilayah tenggara negara pada 1984.

Lebih dari 40 ribu orang tewas dalam konflik antara Pemerintah Turki dan PKK. Gencatan senjata antara pasukan kedua pihak pernah dilakukan, namun berakhir pada Juli 2015 lalu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement