Kamis 16 Feb 2017 16:07 WIB

Terungkap Akun Facebook Milik Kim Jong-nam

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
Saudara seayah pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam.
Foto: AP/Shin In-seop/JoongAng Ilbo
Saudara seayah pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR --  Akun jejaring sosial Facebook milik Kim Jong-nam, saudara pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, telah ditemukan. Informasi-informasi di dalam akun tersebut diduga membantu mengantarkan Kim Jong-nam menuju kematiannya.

Kim Jong-nam, yang dibunuh di Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2) pada Senin (12/2), bepergian menggunakan paspor yang mengidentifikasi ia sebagai "Kim Chol." Media independen NK News, melaporkan akun Facebook Kim Jong-nam juga bernama Kim Chol.

NK News mengutip sumber anonim yang mengkonfirmasi kebenaran kepemilikan akun tersebut milik Kim Jong-nam. NK News juga menunjukkan screenshoot akun Facebook itu yang menunjukkan unggahan beberapa foto-foto Kim Jong-nam menetap di Macau, Cina, sebelum tewas.

The Star melaporkan, Kim Jong-nam tampaknya tidak berusaha menyembunyikan kegiatan-kegiatannya di laman Facebook pribadinya itu. Ia juga tidak tampak seperti orang yang sedang berada di bawah ancaman pembunuhan.

Mantan Sekretaris Intelijen untuk Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak, Cha Du-hyeogn, juga mengatakan Kim Jong-nam diketahui sering menggunakan alamat surel komersial untuk berkomunikasi. "Saya pikir itu menunjukkan Kim (Jong-nam) ceroboh dan dapat menyebabkan kematiannya," ujar Cha.

Baca juga, Siapa Kim Jong-nam?

Dalam salah satu foto yang diunggah pada Oktober 2008, Jong-nam terlihat berdiri di atas sebuah kapal pesiar dengan seorang pria Kaukasia yang tidak diketahui identitasnya. Pada 4 Maret 2013, ia berkomentar pada unggahan tersebut dan mengatakan "I miss Eropa!"

Sementara foto profil akun Kim Chol tidak menggunakan gambar Kim Jong-nam, melainkan foto seekor tupai yang diunggahnya pada November 2015.

Informasi lain yang tersedia pada akun tersebut adalah latar belakang pendidikannya di Sekolah Internasional Jenewa dan di Lycée français de Moscou (Sekolah Perancis Alexandre Dumas di Moskow.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement