Jumat 17 Feb 2017 11:24 WIB

Duta Besar PBB AS Tegaskan AS Tetap Dukung Solusi Dua Negara

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Agus Yulianto
Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB Nikki Haley.
Foto: AP Photo/Evan Vucci
Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB Nikki Haley.

REPUBLIKA.CO.ID,  WASHINGTON - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB menegaskan bahwa Washington benar-benar mendukung solusi dua negara dalam konflik Israel-Palestina. Pernyataan ini keluar dalam 24 jam setelah Presiden Donald Trump mengeluarkan komitmen AS untuk menarik keterikatan Amerika Serikat terhadap penyelesaian dua negara.

Pernyataan yang bertentangan keluar dari pemerintahan baru AS. Ini mencerminkan kekacauan kebijakan dalam sepekan ini, ketika penasihat keamanan nasional terpaksa mengundurkan diri atas kontaknya dengan Rusia, dan faksi-faksi di dalam Gedung Putih terus bersaing untuk mendominasi.

Di Bonn, Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Marc Ayrault sudah mengadakan pertemuan pertamanya dengan Menteri Luar Negeri baru AS Rex Tillerson. Dari pertemuan tersebut, ia menggambarkan, kebijakan Timur Tengah pemerintahan Trump membingungkan dan mengkhawatirkan.

Ayrault melihat pernyataan Trump saat pertemuannya dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, secara eksplisit meninggalkan komitmen AS selama dua dekade. Di mana sebelumnya AS mendukung untuk pembentukan negara Palestina berdampingan dengan Israel sebagai bagian dari kesepakatan perdamaian akhir.

"Saya melihat dua negara dan satu negara, dan saya suka yang kedua belah pihak suka. Saya sangat senang dengan salah satu yang kedua belah pihak seperti. Saya bisa hidup dengan salah satu," kata Trump.

Setelah pertemuannya dengan Tillerson di sela-sela pertemuan G20, Ayrault mengatakan, "Saya ingin mengingatkan dia setelah pertemuan antara Donald Trump dan Netanyahu. Bahwa dalam pandangan Prancis, tidak ada pilihan lain selain perspektif solusi dua negara. Dan pilihan lain yang disebutkan Tillerson tidak realistis, tidak adil atau tidak seimbang," dikutip dari the Guardian, Jumat (17/2).

Dia tidak memberikan rincian tentang opsi yang ditawarkan Tillerson. Sedangkan Tillerson juga tidak memberikan pernyataan pers. Tapi ia tampak mengisyaratkan tentang hasil lain dari pernyataan Trump akan diterima di AS.

Dia juga mencatat perbedaan kesepakatan nuklir internasional dengan Iran dari 2015. Di pemerintahan Trump menginginkan untuk memeriksanya dari awal.

Sementara itu Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley, bersikeras bahwa kebijakan AS mengenai isu Israel-Palestina tidak berubah. "Pertama-tama, solusi dua negara adalah apa yang kami dukung. Siapa saja yang ingin mengatakan Amerika Serikat tidak mendukung solusi dua negara, akan menjadi kesalahan, "katanya kepada wartawan di markas PBB di New York.

Pernyataan tersebut mengacu pada komentar Trump, dia berkata: "Kami benar-benar mendukung solusi dua negara, tapi kami berpikir di luar kotak juga."

Tak kalah membingungkan, Trump dalam pertemuannya dengan Netanyahu didesak agar dia terbuka untuk penyelesaian permukiman Tepi Barat. Tapi calon duta besarnya untuk AS, mantan pengacara kepailitannya, David Friedman, telah mendukung permukiman jangka panjang diperluas dan bahkan aneksasi Tepi Barat.

Pada sidang konfirmasinya di Senat pada Kamis (16/2), Friedman menjauhkan diri dari banyak posisi kebijakan masa lalu dan komentar di Timur Tengah, termasuk penolakannya terhadap solusi dua negara. "Jika Israel dan Palestina dapat mencapai solusi dua negara, saya akan senang," katanya.

Hal ini menunjukkan tidak ada hasrat untuk solusi satu negara. Dia menambahkan, dia tidak lagi mendukung aneksasi Tepi Barat.

Dia berulang kali meminta maaf atas serangan verbal terakhir pada orang-orang Yahudi Amerika liberal. Termasuk yang menggambarkan Barack Obama dan departemen negara sebagai antisemitisme dan menyebut kelompok advokasi Yahudi liberal, J Street, lebih buruk dari Kapos (Yahudi dipaksa untuk bertindak sebagai penjaga di kamp-kamp konsentrasi Nazi).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement