Senin 20 Feb 2017 13:55 WIB

Sejarah Hari Ini: Klu Klux Klan Picu Darurat Militer di Tennessee

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Simbol Ku Klux Klan atau KKK
Foto: ist
Simbol Ku Klux Klan atau KKK

REPUBLIKA.CO.ID, Pada 20 Februari 1869, Gubernur Tennessee W C Brownlow menyatakan darurat militer dalam menghadapi krisis Ku Klux Klan. Hingga saat ini, Ku Klux Klan dikenal sebagai  kelompok rasis garis keras di Amerika Serikat. Klu Klux Klan sendiri berdiri pada 24 Desember 1865.

Klu Klux Klan memiliki paham bahwa ras kulit putih merupakan ras yang terbaik di dunia. Ras lainnya hanyalah ras di bawah ras kelas kulit putih. Mereka menganggap kulit putih sebagai ras tertinggi di dunia meskipin pada dasarnya semua ras manusia di hadapan Tuhan dan hukum adalah sama.

Aksi-aksi mereka yang ekstrem membuat Brownlow kewalahan sampai menyatakan darurat militer. Sebenarnya setelah berdiri selama empat tahun Ku Klux Klan telah diumumkan sebagai organisasi ilegal yang dilarang keberadaannya. Namun mereka tetap menjalankan aksinya dengan melakukan pembunuhannya terhadap warga kulit hitam.

Seperti dilansir History, pada 1960-an aktivitas terorisme Ku Klux Klan sangat mengerikan. Mereka melakukan pengeboman terhadap sekolah kulit hitam dan gereja kulit hitam. Mereka juga melakukan aksi penyerangan dan kekerasan terhadap para aktivis kulit hitam dan kulit putih di selatan.

Tujuan utama Ku Klux Klan adalah mengembalikan supremasi kulit putih di Amerika. Gerakan rasisme kulit putih hingga saat ini masih subur di Amerika, terutama era Donald Trump.

Pemerintah AS hingga saat ini dianggap belum pernah melakukan usaha serius untuk memberantas kelompok radikal berbahaya ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement