Senin 20 Feb 2017 18:14 WIB

Korsel akan Bangun Pabrik Vaksin PMK 2020

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Winda Destiana Putri
Vaksin
Foto: pixabay
Vaksin

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Korea Selatan berencana mendirikan pabrik yang dapat memproduksi vaksin virus penyakit mulut dan kaki (PMK) untuk dikembangkan secara lokal pada 2020. Ini merupakan upaya pemerintah memerangi wabah penyakit yang menyerang hewan tersebut.

Negara dengan ekonomi terbesar keempat di Asia ini, saat ini masih bergantung pada vaksin impor. Contohnya Merial yang secara teratur menyuntik ternak dan selama wabah penyakit muncul. "Setelah mengamankan teknologi produksi vaksin asli pada 2017 berdasarkan hasil peneliian enam tahun kami, kami berencana untuk mengoperasikan pabrik vaksin mulut dan kaki pada 2020," ujar Wakil Menteri Pertanian Lee Junwon.

Korea Selatan awal bulan ini mencari impor vaksin darurat setelah dua jenis penyakit ditemukan hanya dalam kurun waktu sepekan. Sebanyak sembilan kasus PMK telah dikonfirmasi dalam wabah terbaru, namun tidak ada kasus baru sejak 13 Februari. Sedikitnya 1.400 ternak telah dimusnahkan akibat wabah ini.

Lee mengatakan, Korea berencana mengimpor sebanyak 32 juta dosis vaksin virus PMK pada tahun ini, dilansir laman Reuters.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement